@thesis{thesis, author={Oktafiani Azzah Putri}, title ={PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 KEDUNGWUNI}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2057/}, abstract={Penelitian Pengaruh Self-efficacy terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI IPS di SMAN 1 Kedungwuni dilatarbelakangi oleh rendahnya perencanaan karir siswa kelas XI, banyak siswa yang kesulitan dalam merencanakan karir. Siswa masih bingung setelah lulus akan melanjutkan keperguruan tinggi atau berkerja, siswa belum memahami program studi di perguruan tinggi, siswa masih belum mengetahui seleksi untuk masuk keperguruan tinggi dan siswa belum mengetahui jenis-jenis pekerjaan serta memiliki keraguan dalam pilihan cita-cita atau karir di masa depan. Hal tersebut membuat siswa memiliki self-efficacy yang rendah dalam merencanakan karir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap perencanaan karir siswa kelas XI IPSdi SMA Negeri 1 Kedungwuni. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi linier sederhana. Populasi data penelitian sejumlah 140 siswa, meliputi kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, XI IPS 4. Sampel uji coba (Try out) berjumlah 35 siswa kelas XI IPS 3. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 84 siswa yang diambil dengan teknik Random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala Perencanaan kari dan skala Self-efficacy. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pengaruh antara self- efficacy terhadap perencanaan karir kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kedungwuni menunjukan data statistik dengan perolehan Uji regresi linier sederhana yang dilakukan menunjukan bahwa nilai F hitung 97,855 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka, model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel self-efficacy atau dengan kata lain terdapat pengaruh antara Variabel self-efficacy (X) terhadap perencanaan karir (Y), dan untuk seberapa kuat terpengaruhnya variabel X terhadap variabel Y dapat dilihat dari nilai R square (koefisien dererminan) sebesar 0,544 yang artinya bahwa pengaruh self-efficacy terhadap perencanaan karir adalah sebesar 54,4%. Maka dapat diketahui bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh self-efficacy terhadap perencanaan karir siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kedungwuni. Kata kunci : Self-efficacy, Perencaan karir} }