@thesis{thesis, author={Wardana Bagus Triasa}, title ={IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DALAM PEMBENTUKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK SMAN 1 KEMBANG DAN MA NAHDLATUL ULAMA KABUPATEN JEPARA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2058/}, abstract={Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah implementasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan dalam pembelajaran salah satunya yang umum adalah materi bola besar yaitu sepak bola, di dalam aspek sepak bola peserta didik di ajarkan untuk bersikap Fair play, berkerja sama, sportif, dan menghargai lawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah guru sudah menerapkan pembelajaran penjas dalam pembentukan kecerdasan emosional pada peserta didik SMA/MA Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini guru penjas di kecamatan kembang kabupaten jepara. Subyek penelitian adalah guru penjas SMAN 1 Kembang dan guru penjas MA Nahdlatul Ulama di kecamatan kembang kabupaten jepara yang berjumlah 2 guru penjas dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian yang terdapat dalam bab IV, menyatakan bahwa upaya guru mengimplementasikan pembelajaran penjas dalam pembentukan kecerdasan emosional dengan cara memanfaatkan media pembelajaran digital. Adapun materi yang kurang disukai dengan cara memberikan pengetahuan kepada anak. Pendekatan pada anak terlebih dahulu agar lebih paham dalam pembelajaran, materi yang digunakan praktik dan menampilkan video pada anak agar lebih tau cara menendang atau mengontrol bola. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru penjas sudah mengimplementasikan pembelajaran penjas dalam pembentukan kecerdasan emosional saat pembelajaran dengan cara mengajarkan sikap sportifitas, tanggung jawab, kerjasama dan saling menghargai disaat proses pembelajaran. Dari kesimpulan diatas peneliti menyarankan agar guru dapat menambahkan permainan dalam pembelajaran agar siswa dapat langsung mempraktekan mengenai sikap dalam bermain. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran, Kecerdasan Emosional} }