@thesis{thesis, author={KHASANAH YULFA NURUL}, title ={PENERAPAN METODE INQUIRY BASED LEARNING BERBANTU MEDIA CLASSDOJO DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SLAWI TAHUN AJARAN 2022/2023}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/207/}, abstract={Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil penerapan metode inquiry based learning berbantu media classdojo dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Slawi. Dalam kaitannya pada pembelajaran menulis teks eksposisi bahasa Jawa dengan harapan peserta didik mampu menguasai keterampilan menulis teks non sastra berupa teks eksposisi. Namun untuk mencapai tujuan pembelajaran, terdapat kendala atau kesulitan peserta didik pada keterampilan menulis. Adapun kendala tersebut ialah peserta didik kesulitan menemukan ide, peserta didik masih belum menguasai kaidah penulisan teks eksposisi yang benar, sarana dan metode pembelajaran yang belum efektif. Adapun penelitian ini masuk dalam jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Desain yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pre exprerimen design tipe one-shot class study, untuk melakukan penelitian tersebut digunakan teknik analisis data meliputi teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan dengan tujuan memperoleh hasil nilai dari aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, sedangkan non tes berupa angket dan dokumentasi. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas X.3 SMA N 2 Slawi mampu menulis teks eksposisi berbahasa Jawa. Hasil data ini pada aspek pengetahuan memperoleh 31 peserta didik atau 89% tuntas dan 4 atau 11% peserta didik belum mencapai KKM. Sedangkan pada aspek keterampilan terdapat 31 atau 89% peserta didik telah mencapai KKM, DAN 4 atau 11% peserta didik belum mencapai KKM dengan perolehan nilai rata-rata kelas 87,9.} }