@thesis{thesis, author={ANGGRAINI DESI NOVITA}, title ={KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTU POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN SIDOMUKTI KABUPATEN PATI}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2074/}, abstract={DESI NOVITA ANGGRAINI. NPM 18120146. ?Keefektifan Model Make a Match Berbantu Powerpoint Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Sidomukti Kabuputen Pati?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena siswa masih kesulitan untuk memahami materi yang dijelaskan oleh guru, dikarenakan pada pembelajaran tema materinya saling terkait dengan mata pelajaran lainnya sehingga ketika guru menyampaikan materi siswa tidak langsung memahaminya. Pada saat proses kegiatan belajar mengajar dalam penyampaian materi guru belum menerapkan model pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimanakah keefektifan model make a match berbantu powerpoint interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Sidomukti Kabupaten Pati??. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk adalah untuk mengetahui keefektifan model make a match berbantu powerpoint interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Sidomukti Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen kuantitatif dan menggunakan desain penelitian PreExperimental Desaigns dengan bentuk One-Grup Pretest-Posttst Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas III tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil dalah 20 siswa dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan menggunakan model make a match berbantu powerpoint interaktif yang dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest. Rata-rata pretest 58,75 sedangkan rata-rata posttest 81,25. Ketuntasan belajar awalnya 20% menjadi 95% maka ketuntasan belajar meningkat. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh thitung sebesar 11,232 dan ttabel 2,903 dengan taraf signifikasi 5% sehingga nilai thitung > ttabel yaitu 11,232 > 2,093 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model make a match berbantu powerpoint interaktif efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Sidomukti Kabupaten Pati. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah supaya model make a match berbantu powerpoint interaktif digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Keefektifan Model Make a Match Berbantu Powerpoint Interaktif dan hasil belajar.} }