@thesis{thesis, author={RAHMAWATI DEVI AMALIA}, title ={PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS 1 MI PERMATA BELIA SEMARANG MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2076/}, abstract={DEVI AMALIA RAHMAWATI NPM 21126031 ? Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Kelas 1 MI Permata Belia Semarang melalui Media kartu Kata Bergambar?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Mei Fita Asri Untari, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II M. Arief Budiman, S.S, M. Hum. 2022. Permasalahan yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan menulis anak belum sesuai dengan tahap perkembangan yang seharusnya. Hal tersebut disebabkan oleh pelaksanaan pembelajaran yang kurang efektif, serta metode pembelajaran kartu bergambar belum pernah digunakan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah media kartu kata bergambar dapat meningkatkan Keterampilan menulis siswa kelas 1 MI Permata Belia Semarang Tahun pelajaran 2021/2022? Tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan media kartu kata bergambar untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas 1 MI Permata Belia Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I MI Permata Belia Semarang. Sampel yang digunakan berjumlah 13 siswa. Data dalam penelitian melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat di simpulkan bahwa melalui Media Kartu Kata Bergambar dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas I MI Permata Belia Semarang. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan nilai tes siswa dari setiap siklusnya. Hasil awal siklus banyak ditemukan siswa yang nilainya di bawah KKM 70 dengan jumlah 7 siswa dari 13 siswa. Hasil pada siklus 3 diperoleh nilai keseluruhan siswa di atas KKM 70. Begitu pula dengan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan yang selaras dengan hasil tes keterampilan menulis siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan peneliti yaitu guru dapat mempertahankan kemampuan siswa yang sudah baik. Serta dalam pembelajaran guru lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan Media Kartu Kata Bergambar, dan ragam media lainnya.} }