@thesis{thesis, author={MAHAKARTI DEWI CHANDRA}, title ={KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF AKSARA JAWA SISWA KELAS XI RPL SMKN 1 SAYUNG TAHUN AJARAN 2022}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2080/}, abstract={Dewi Chandra Mahakarti ?Kemampuan Menulis Paragraf Aksara Jawa Siswa Kelas XI SMKN 1 Sayung Demak Tahun Ajaran 2022?. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Bambang Sulanjari S.S., M.A. Pembimbing II Yuli Kurniati Werdiningsih S.S., M.A. 2023. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis Aksara Jawa Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kemampuan menulis dalam bahasa Jawa siswa Kelas XI RPL SMKN 1 Sayung. Indikator untuk mengetahui kemampuan menulis paragraf aksara Jawa menggunakan aspek ketrampilan dengan 3 aspek penilaian, yaitu: aspek penulisan carakan, aspek penulisan pasangan dan aspek penulisan sandhangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dari adalah seluruh siswa kelas XI RPL SMK Negeri 1 Sayung Demak. Data penelitian ini adalah hasil penulisan paragraf aksara Jawa oleh siswa yang dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan kemampuan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sayung dalam menulis paragraf aksara Jawa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak dan berbeda jenis kesalahan penulisan siswa dalam bahasa Jawa. Mulai dari kesalahan penulisan paragraf aksara Jawa carakan, pasangan dan sandhangan. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan saat menulis paragraf aksara Jawa, seperti: siswa belum hafal huruf jawa, siswa belum bisa menerapkan kaidah penulisan huruf jawa, siswa belum memiliki pengalaman menulis huruf jawa, dan siswa kurang tertarik mempelajari huruf jawa.} }