@thesis{thesis, author={Setyaningrum Dewi}, title ={PENGARUH PENGELOLAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER, KOMPETENSI GURU PEMBINA EKSTRAKURIKULER DAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU TERHADAP KINERJA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SMP/MTs DI KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2082/}, abstract={Setyaningrum, Dewi. 2023. ?Pengaruh Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler, Kompetensi Guru Pembina Ekstrakurikuler dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Kegiatan Ekstrakurikuler SMP/ MTs di Kecamatan Subah Kabupaten Batang?. Tesis. Pembimbing I Dr. Ngasbun Egar, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Soedjono, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi capaian prestasi kegiatan ekstrakurikuler SMP/ MTs di Kecamatan Subah Kabupaten Batang yang belum maksimal. Hal tersebut menunjukkan kinerja kegiatan ekstrakurikuler belum sesuai harapan. Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan tanpa pengelolaan yang baik, guru pembina ekstrakurikuler tidak berkompeten, dan rendahnya motivasi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler terhadap kinerja kegiatan ekstrakurikuler, (2) pengaruh kompetensi guru pembina ekstrakurikuler terhadapa kinerja kegiatan ekstrakurikuler, (3) pengaruh motivasi berprestasi guru terhadap kinerja kegiatan ekstrakurikuler, dan (4) pengaruh pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler, kompetensi guru pembina ekstrakurikuler dan motivasi berprestasi guru secara bersama-sama terhadap kinerja kegiatan ekstrakurikuler SMP/ MTs di Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif korelasional dengan sampel 118 guru yang dipilih secara proporsional random sampling. Pengujian penelitian ini menggunakan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler terhadap kinerja kegiatan ekstrakurikuler dengan persamaan ? = 28,727 + 0,542X1; kekuatan korelasi sebesar 0,646 dengan kontribusi 41,8%; (2) terdapat pengaruh positif kompetensi guru pembina ekstrakurikuler terhadap kinerja kegiatan ekstrakurikuler dengan persamaan ? = 83,677 + 0,275X2 ; kekuatan korelasi sebesar 0,272 dengan kontribusi 7,4%; (3) terdapat pengaruh positif motivasi berprestasi guru terhadap kinerja kegiatan ekstrakurikuler dengan persamaan ? = 42,065 + 0,624X3 ; kekuatan korelasi sebesar 0,657 dengan kontribusi 43,2%; (4) ada pengaruh positif pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler, kompetensi guru pembina ekstrakurikuler dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja kegiatan ekstrakurikuler dengan persamaan ? = 2,992 + 0,252 X1 + 0,159 X2+ 0,434 X3 ; kekuatan korelasi sebesar 0,733 dengan kontribusi variabel independen sebesar 53,7 %. Saran pada penelitian ini adalah guru pembina ekstrakurikuler hendaknya memotivasi peserta didik dan meningkatkan kompetensi diri. Kepala sekolah hendaknya mengikutsertakan guru pembina ekstrakurikuler dalam program pendidikan dan pelatihan dan menjamin sarana prasarana. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan hendaknya mensosialisaikan dan menyiapkan penyelenggaraan program pelatihan dan pendidikan bagi guru pembina ekstrakurikuler. Kata kunci: Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler, Kompetensi Guru Pembina Ekstrakurikuler, Motivasi Berprestasi Guru, Kinerja Kegiatan Ekstrakurikuler} }