@thesis{thesis, author={Pradika Dian Bagus}, title ={PENGARUH METODE DRILL DAN WAKTU REAKSI TERHADAP KETERAMPILAN SERVIS SPIN DALAM PERMAINAN TENIS MEJA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER TENIS MEJA DI SD NEGERI LARANGAN 05}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2087/}, abstract={Dian Bagus Pradika, ?Pengaruh Metode Drill dan Waktu Reaksi Terhadap Keterampilan Servis Spin Dalam Permainan Tenis Meja Pada Siswa Ekstrakurikuler Di SD Negeri Larangan 05?, Fakultas Pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang, 2023. Penelitian ini dilatar belakangi dari beberapa masalah yaitu kemampuan servis spin yang masih belum dikuasai oleh siswa, dan melakukan pukulan- pukulan yang mudah diantiasipasi oleh lawan. Kurangnya program latihan yang terfokus pada pukulan servis menjadikan dari banyak siswa yang tidak menguasai teknik-teknik servis yang dapat menguntungkan di pertandingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari metode latihan drill dan metode latihan waktu reaksi terhadap keterampilan servis spin dalam permainan tenis meja pada siswa ekstrakurikuler tenis meja di SD Negeri 05 Larangan dan mengetahui adakah perbedaan pengaruh dari metode latihan drill dan waktu reaksi terhadap keterampilan servis spin dalam permainan tenis meja pada siswa ekstrakurikuler tenis meja di SD Negeri Larangan 05. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Sesuai hasil analisis, diperoleh nilai thitung pretest dan posttest adalah sebesar -13.532 dengan sig = 0,000 . Karena t hitung > t tabel yaitu (13,532 > 2,262) maka Ha diterima artinya dengan metode drill dan waktu reaksi bisa mempengaruhi hasil servis spin Metode latihan drill dengan variasi servis panjang, pendek dan spin serta dengan waktu reaksi dapat digunakan oleh para pengajar tenis meja sebagai salah satu alternatif untuk melakukan variasi latihan agar siswa tidak mengalami kejenuhan dalam proses latihan. Kata Kunci : Metode latihan drill, metode latihan waktu reaksi , servis spin} }