@thesis{thesis, author={Lestari Astrid Indah}, title ={ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI ASESMEN AUTENTIK PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMA SE-KABUPATEN WONOSOBO}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/817/}, abstract={Asesmen autentik dapat digunakan seiring dengan penerapan Kurikulum Merdeka. Di Indonesia banyak guru yang lebih nyaman menggunakan metode asesmen konvensional dibandingkan menggunakan asesmen autentik. Hal tersebut dikarenakan kriteria dalam asesmen autentik lebih banyak dan lebih rumit dibandingkan dengan asesmen konvensional. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesiapan guru dalam mengimplementasikan asesmen autentik pada kurikulum merdeka, serta untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat guru dalam melakukan penilaian autentik pada kurikulum merdeka di SMA se-Kabupaten Wonosobo. Kesiapan guru dalam implementasi asesmen autentik pembelajaran Biologi pada kurikulum merdeka yang mencakup kesiapan kognitif, kesiapan emosi dan kesiapan perilaku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Metode kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara pada beberapa guru dan penelusuran menggunakan lembar checklist mengenai perangkat yang digunakan guru dalam implementasi asesmen autentik. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kesiapan guru mata pelajaran Biologi di SMA se-Kabupaten Wonosobo dalam implementasi asesmen autentik secara umum masuk dalam kategori siap dengan rerata 80,69%. Kata Kunci : Asesmen Autentik, Kesiapan Guru, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Biologi} }