@thesis{thesis, author={SAPUTRA HIMAWAN ANGGA}, title ={PENGARUH PENERAPAN STRATEGI THINK PAIR SHARE BERBANTUKAN MEDIA FOTO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 PULO REMBANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/82/}, abstract={HIMAWAN ANGGA SAPUTRA. NPM 19120053. ?Pengaruh Penerapan Strategi Think Pair Share berbantukan Media Foto terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas II SD Negeri 2 Pulo Rembang Tahun Pelajaran 2023/2024?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Qoriati Mushafanah S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Asep Ardiyanto, S.Pd., M.Or. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis deskripsi. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif serta Strategi dan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Think Pair Share berbantukan media Foto dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Keterampilan menulis deskripsi kelas II SD Negeri 2 pulo Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Pre-Experimental Design, karena penelitian ini dirancang hanya meliputi satu kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 2 Pulo Rembang. Sampel Penelitian ini yaitu siswa kelas II SD Negeri 2 Pulo Rembang berjumlah 26 siswa dengan menggunakan teknik sampling yaitu Nonprobability Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t, yang sebelumnya di uji normalitas awal dan akhir. Dari hasil penelitian rata-rata nilai hasil belajar pretest sebesar 61,53 dan rata-rata nilai hasil posttest sebesar 81,73. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh rata-rata hasil belajar pretest dan posttest kemudian dianalisis akhir menggunakan uji-t diketahui N= 26 didapatkan nilai t hitung sebesar 15,327 dan db= 26 ?2 = 24 maka diperoleh 24 dengan taraf signifikansi 5% didapatkan t tabel sebesar 2,064. t hitung sebesar 15,327 dan t tabel sebesar 2,064. Maka nilai t hitung > t tabel (15,327> 2,064), sehigga H 0 ditolak dan H a diterima. Maka ada perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesa kelas II SD Negeri 2 Pulo Rembang antara sebelum dan sesudah diterapkan Strategi Think Pair Share berbantu media Foto. Dapat disimpulkan bahwa Strategi Think Pair Share berbantu media Foto berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis deskripsi kelas II SD Negeri 2 Pulo Rembang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar Strategi Think Pair Share berbantu media Foto dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar. Kata Kunci : Think Pair Share, Media Foto, Keterampilan Menulis Deskripsi.} }