@thesis{thesis, author={Salsabilla Andini Putri}, title ={ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH APLIKASI TURUNAN FUNGSI TRIGONOMETRI BERBASIS DESAIN DIDAKTIS}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/821/}, abstract={Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah mengetahui dan memahami bagaimana analisis kesulitan belajar matematika siswa SMA dalam memecahkan masalah aplikasi turunan fungsi trigonometri berbasis desain didaktis. Penelitian ini merujuk pada DDR atau Didactical Design Reseach dimana peneliti akan menggolongkan hambatan belajar siswa kedalam jenis Epistemological Obstacle, Ontogenic Obstacle atau Didactical Obstacle. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswa kelas XII MIPA 5 di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah subjek EKR mengalami hambatan/ learning obstacle pada kriteria Ontogenic Obstacle, subjek NKS mengalami hambatan/ learning obstacle pada kriteria Didactical Obstacle, subjek SKT mengalami hambatan/ learning obstacle pada kriteria Epistemological Obstacle. Sedangkan data kemampuan memecahkan masalahnya, siswa dengan tingkat kesulitan rendah, pada soal nomor 1 memenuhi 4 indikator, soal nomor 2 memenuhi 3 indikator dan soal nomor 3 memenuhi 4 indikator. Siswa dengan tingkat kesulitan sedang, dalam memecahkan masalah aplikasi turunan fungsi trigonometri berbasis desain didaktis, pada soal nomor 1 memenuhi 4 indikator, soal nomor 2 memenuhi 3 indikator dan soal nomor 3 memenuhi 1 indikator saja. Siswa dengan tingkat kesulitan tinggi, dalam memecahkan masalah aplikasi turunan fungsi trigonometri berbasis desain didaktis, pada soal nomor 1 memenuhi 3 indikator dan untuk soal nomor 2 dan 3 tidak memenuhi semua indikator Kata Kunci: Pemecahan masalah, kesulitan belajar, desain dedaktis} }