@thesis{thesis, author={ARUM FRISMA PUSPITA}, title ={PENGEMBANGAN ASSESSMENT AWAL IPA SD BERBASIS STEM MATERI GELOMBANG CAHAYA DAN BUNYI PADA SISWA FASE C}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/822/}, abstract={FRISMA PUSPITA ARUM. NPM 19120154. ?Pengembangan Assessment Awal IPA SD Berbasis STEM Materi Gelombang Cahaya dan Bunyi Pada Siswa Fase C?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih minimnya assessment awal IPA SD berbasis STEM dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Guru masih minim pengetahuan mengenai pembelajaran berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana langkah pengembangan assessment awal IPA SD berbasis STEM materi gelombang cahaya dan bunyi pada siswa fase C? 2) Bagaimana kelayakan assessment awal IPA berbasis STEM materi gelombang cahaya dan bunyi pada siswa fase C? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui langkah pengembangan assesmen awal IPA SD berbasis STEM materi gelombang cahaya dan bunyi pada siswa fase C 2) Mengetahui kelayakan assessment awal IPA SD berbasis STEM materi gelombang cahaya dan bunyi pada siswa fase C menggunakan aplikasi Winstep 3.73. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D (Four-D). Langkah pengembangan dimulai pada tahap pendahuluan dengan melakukan analisis kebutuhan, tahap pengembangan assesment awal, dan tahap pengujian assessment awal IPA. Data yang diperoleh melalui ahli materi dan siswa fase C yang meliputi kelas 5 dan 6. Teknik pengumpulan data berupa angket kebutuhan, lembar penilaian validasi ahli materi, dan tes tertulis. Hasil penelitian berdasarkan penilaian ahli dan empirik menyatakan bahwa pengembangan assessment awal dinyatakan valid dan layak digunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi ahli kategori sedang s.d tinggi melalui perhingan Indeks Aiken (0,8 s.d 0,85). Sedangkan hasil validasi empirik menyatakan bahwa hasil analisis RASCH Model, diperoleh nilai Measure (-1,73 s.d 1,40), nilai Model S.E (0,21 s.d 0,31), nilai Outfit MNSQ (0,60 s.d 1,34), nilai Outfit ZSTD (-1,4 s.d 1,6), nilai Pt Mean Correlation (0,4 s.d 0,56), reabilitas item dan person (0,61 dan 0,60) sedangkan Alpha Cronbach (0,68). Sedangkan langkah pengembangan Assessment Awal IPA SD Berbasis STEM Materi Gelombang Cahaya dan Bunyi Pada Siswa Fase C mengadaptasi 4 langkah pengembangan Borg and Gall. Dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan assessment awal IPA SD berbasis STEM materi gelombang cahaya dan bunyi pada siswa fase C valid dan layak digunakan sebagai salah satu pedoman bagi guru dalam mengembangkan assessment awal IPA SD pada fase C Kurikulum Merdeka Belajar.} }