@thesis{thesis, author={DEWI GALUH AYU IKHSANA}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA POHON KATA DENGAN MATERI KOSAKATA BAHASA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/832/}, abstract={GALUH AYU IKHSANA DEWI. NPM 19120096. ?Pengembangan Media Pohon Kata dengan Materi Kosakata Bahasa Siswa Kelas V Sekolah Dasar?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Semarang. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah tidak adanya penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran di kelas, siswa kurang memahami materi menemukan kosakata baku, tidak baku, dan kata serapan dan siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan Media Pohon Kata dengan materi kosakata bahasa untuk siswa kelas V sekolah dasar, (2) Bagaimana kelayakan Media Pohon Kata dengan materi kosakata bahasa untuk siswa kelas V sekolah sasar. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengatahui pengembangan Media Pohon Kata dengan materi kosakata bahasa untuk siswa kelas V sekolah dasar, (2) untuk mengatahui kelayakan Media Pohon Kata dengan materi kosakata bahasa untuk siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan langkah-langkah dasar penelitian (Research and Development) yang dikemukakan oleh (Borg and Gall dalam buku Sugiyono 2015:297) yang terdiri dari 10 langkah. Berdasarkan keputusan Strata (S1) yang melakukan penelitian dan pengembangan hanya sebatas pada uji coba lapangan awal dan revisi hasil uji coba berdasarkan hasil analisis uji coba lapangan awal. Jadi hanya pada sampai tahapan kelima yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain produk, (5) revisi produk. Sampel yang diambil adalah 17 siswa kelas V dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil validasi yang dilakukan dengan ahli media Pohon Kata mendapatkan kategori sangat layak dengan skor penilaian sebesar 95%. Sedangkan hasil validasi yang dilakukan dengan ahli materi media Pohon Kata mendapatkan kategori sangat layak dengan skor penilaian sebesar 98,82%. Pada uji lapangan, penilaian dari siswa kelas V SD Negeri 3 Wulung mendapatkan skor sebesar 94,8%. Penelitian pengembangan media Pohon Kata ini mendapatkan kategori sangat layak dengan skor dari respon guru sebesar 98,66%. Kesimpulannya bahwa media Pohon Kata ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran materi kosakata baku, tidak baku, dan kata serapan. Berdasarkan hasil penelitian ini kesimpulan yang dapat disampaikan adalah Media Pohon Kata dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pohon Kata, Kosakata} }