@thesis{thesis, author={Febriana Berliyan}, title ={Pengembangan Media Pembelajaran SIPA (Sila Pancasila) Berbasis Multimedia dengan Adobe Flash Pada Siswa Kelas I SD Supriyadi SEMARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/836/}, abstract={Berliyan Febriana. NPM 19120128. ? Pengembangan Media Pembelajaran SIPA (Sila Pancasila) Berbasis Multimedia ADOBE FLASH Pada siswa Kelas 1 SD Supriyadi Semarang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang. Pembimbing 1. Intan Rahmawati, S.Pd., M.Pd dan pembimbing II Ferina Agustini, S.Pd., M.Pd. Berdasarkan angket dan wawancara yang telah dilaksanakan peneliti dengan guru kelas I didapatkan permasalahan yaitu belum maksimalnya pemahaman materi pengamalan sila-sila pancasila, dikarenakan pembelajaran yang kurang menarik baik dalam karakteristik maupun pengembangan. Guru hanya memberikan gambaran bahwa guru menyiapkan materi yang bersumber dari buku siswa dan buku guru. Beberapa peserta didik cenderung mengalami kebosanan dalam belajar mengajar yang disampaikan oleh guru dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila, sehingga peserta didik menjadi tidak maksimal dalam proses belajar mengajar. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menggunakan pengembangan media pembelajaran SIPA (Sila pancasila) berbasis multimedia dengan Adobe Flash pada siswa kelas I. (2) Untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran SIPA (Sila Pancasila) berbasis multimedia dengan Adobe Flash pada siswa kelas I. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Pengembangan media pembelajaran SIPA (Sila Pancasila) berbasis multimedia dengan Adobe Flash berbentuk media pembelajaran ini hanya sampai mengetahui evaluasi media pembelajaran SIPA (Sila Pancasila) berbasis multimedia Adobe Flash. Penelitian dan pengembangan media ini dilaksanakan di SD Supriyadi. Hasil dari evaluasi yang sudah didapat dari hasil angket dan guru berupa skala Likert bentuk checklist dan hasil angket respon siswa berupa skala Guttman bentuk ?Ya? atau ?Tidak? menyatakan bahwa media pembelajaran SIPA (Sila Pancasila) berbasis multimedia Adobe Flash sudah layak digunakan untuk menjawab kebutuhan siswa dan media pembelajaran SIPA (Sila Pancasila) berbasis multimedia Adobe Flash sudah bisa digunakan sebagai pendamping pembelajaran siswa. Validasi ahli media memperoleh hasil validator I dan validator II adalah 95% dan 93% sedangkan hasil validasi materi memperoleh hasil validator I dan validator II adalah 98% dan 92%. Simpulannya, pengembangan media pembelajaran SIPA (Sila Pancasila) berbasis multimedia Adobe Flash termasuk dalam kategori ?Sangat Layak?. Berdasarkan hasil coba lapangan dengan menggunakan angket respon guru kelas I diperoleh 85% dan berdasarkan angket respon siswa kelas I memperoleh 96%. Simpulannya, pengembangan media pembelajaran SIPA (Sila Pancasila) berbasis multimedia Adobe Flash termasuk dalam kategori ?Sangat layak? dan dapat digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran di dalam kelas untuk memahami sila pancasila di kelas.} }