@thesis{thesis, author={SETIAWAN ANGGUN}, title ={KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL SISWA DI KELAS IV SD NEGERI REJOSARI 03 SEMARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/858/}, abstract={Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEAM untuk meningkatkan life skill siswa di kelas IV SD Negeri Rejosari 03 Semarang yang belum menerapkan pembelajaran dengan menggunakan LKPD yang berbasis STEAM untuk mendukung potensi life skill yang dimiliki oleh siswa SD Negeri Rejosari 03 baik generic life skill maupun spesific life skill sehingga pembelajaran kurang mendukung aktivitas siswa pada saat kegiatan pembelajaran dikelas berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEAM untuk meningkatkan life skill siswa di kelas IV SD Negeri Rejosari 03 Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lapangan (Field Research) dalam pelaksanaannya menggunakan metode pendekatan penelitian kuantitatif. Dalam laporan ini data memungkinkan berasal dari angket life skill, angket LKPD, silabus, naskah wawancara, RPP, catatan lapangan, foto, video, dan LKPD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.. Pada prosesnya memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan dalam penggunaan LKPD berbasis STEAM, serta menguji hipotesis yang telah ditetapkan oleh peneliti. Sampel yang diambil adalah 45 siswa yaitu kelas eksperimen 22 siswa dan kelas kontrol 23 siswa. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test pada hasil life skill siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol di dapatkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 <0,05 yang artinya ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol dalam menggunakan LKPD berbasis STEAM terhadap life skill siswa. Dari hasil tersebut kelas eksperimen dalam proses pembelajaran diberikan perlakuan menggunakan LKPD berbasis STEAM bermuatan life skill. Berdasarkan hasil uji homogen life skill eksperimen dan kontrol sebesar 0,653 >0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa varians data life skill eksperimen dan kontrol adalah sama atau homogen. Hasil angket life skill kelas eksperimen menunjukkan rata-rata 67.45967742 angket life skill ini menunjukkan kriteria baik dan Pada kelas kontrol dalam angket life skill ini menunjukkan kriteria cukup baik dengan perolehan skor rata-rata sebesar 53.00403226. Hasil data LKPD setelah diberi perlakuan diperoleh rata-rata 52.2962963, angket LKPD berbasis STEAM termasuk kedalam kategori cukup mudah menggunakan LKPD berbasis STEAM. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEAM untuk meningkatkan life skill siswa di kelas IV SD Negeri Rejosari 03 Semarang mampu membawa dampak baik dan keefektifan terhadap life skill yang dimiliki siswa kelas IV yaitu yang terdiri dari kecakapan personal, kecakapan sosial kecakapan akademik dan kecakapan vokasi.} }