@thesis{thesis, author={Fajarsari Dewi Aprilia}, title ={ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TEORI NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PERKALIAN DI KELAS III SEKOLAH DASAR}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/888/}, abstract={Dewi Aprilia Fajarsari, NPM 16120113, ?Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perkalian Di Kelas III Sekolah Dasar?. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan. Dosen Pembimbing I Veryliana Purnamasari, S.Pd., M.Pd. dan Dosen Pembimbing II Ryky Mandar Sary, S.Pd., M.Pd. Universitas PGRI Semarang 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika yang berbentuk soal cerita. Hal tersebut dikarenakan siswa belum mampu memahami makna kalimat dari soal cerita, siswa masih kesulitan dalam mengubah soal cerita ke model matematika bahkan ada siswa yang tidak dapat menyelesaikan soal cerita karena tidak dapat menentukan langkah-langkah penyelesaiannya. Fokus penelitian ini adalah yang pertama yaitu bagaimana kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas III dalam menyelesaikan soal cerita materi perkalian? Fokus penelitian yang kedua yaitu Berapa persentase kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas III dalam menyelesaikan soal cerita materi perkalian? Tujuan penelitian ini yang pertama untuk menganalisis dan mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perkalian. Selanjutnya tujuan yang kedua yaitu melakukan perhitungan persentase masing-masing tipe kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi perkalian. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes dan wawancara dengan subjeknya siswa dan guru kelas III SDN Kalikayen. Instrumen penelitian ini tes materi perkalian, wawancara siswa dan guru. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini perpanjang pengamatan, triangulasi data, diskusi teman sejawat. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan Teori Newman yaitu ada 4 kesalahan yang dilakukan. Pertama kesalahan memahami sebanyak 7 total kesalahan yang persentasenya 8,75%. Kesalahan kedua kesalahan transformasi ada 12 total kesalahan dengan persentase 15%. Selanjutnya ketiga kesalahan keterampilan proses 29 kesalahan persentase 36,25%. Terakhir kesalahan penulisan jawaban akhir 29 kesalahan persentase 36,25%. Selanjutnya kesalahan yang dilakukan siswa pada semua tipe kesalahan ada 77 kesalahan dan 320 jumlah kesalahan total yang mungkin terjadi dengan total persentase 24,06%. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan agar siswa terhindar dari kesalahan dalam mengerjakan soal yaitu guru hendaknya meminta siswa untuk lebih teliti dalam membaca soal dan membiasakan siswa untuk mengerjakan soal secara terperinci mulai dari apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal lalu ditulis perkaliannya dan menghitung dengan benar yang terakhir menuliskan penulisan jawaban akhir diawali kata ?jadi? diikuti dengan apa yang ditanyakan pada soal baru tulis hasil dari pengerjaan perkaliannya.} }