@thesis{thesis, author={Litasari Dinda Adelia}, title ={PENERAPAN BUDAYA LITERASI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA GEMAR MEMBACA MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 4 DI SD N 2 BURIKAN KUDUS}, year={2022}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/899/}, abstract={DINDA ADELIA LITASARI. NPM 19120227.? Pembimbing I Rofian, S.Pd., M.Pd. NPP 158601471 dan pembimbing II Choirul Huda, M.Si., M.Pd. NPP. 108101300. Penerapan Budaya Literasi Untuk Membentuk Karakter Siswa Gemar Membaca Melalui Program Kampus Mengajar 4 Di SD N 2 Burikan Kudus ?. Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.Universitas PGRI Semarang, 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah terdapat siswa yang kurang lancar dan minat dalam membaca di SD N 2 Burikan. Hal ini karena siswa cenderung lebih sering menggunakan Handphone daripada melakukan kegiatan membaca. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana keterlaksanaan penerapan budaya literasi karakter gemar membaca pada program kampus mengajar 4 di SD N 2 Burikan Kudus?. 2) Bagaimana dampak penerapan budaya literasi karakter gemar membaca dalam program kampus mengajar 4 di SD N 2 Burikan Kudus?. Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pelaksanaan penerapan budaya literasi karakter gemar membaca melalui program Kampus Mengajar 4 di SD N Burikan 2 Kudus. 2) Mengetahui dampak penerapan budaya literasi karakter gemar membaca melalui program Kampus Mengajar 4 di SD N 2 Burikan Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD N 2 Burikan tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah siswa kelas III, wali kelas III dan kepala sekolah SD N 2 Burikan untuk dilakukan wawancara. Untuk pengambilan sampel ini dipilih dengan kategori tinggi, sedang, rendah. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil analisis penerapan budaya literasi membaca serta berdasarkan hasil wawancara menunjukkan bahwa kegiatan literasi yang diadakan di sekolah sangat membantu untuk peningkatan kemampuan membaca siswa. Kegiatan literasi yang dilakukan setiap hari di SD N 2 Burikan juga dapat menumbuhkembangkan karakter siswa terutama dalam membaca. Brdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya guru dapat lebih inovatif dalam melakukan kegiatan literasi membaca sehingga dapat menarik minat siswa dalam melakukan kegiatan literasi membaca di sekolah.} }