@thesis{thesis, author={Amjad Ammar}, title ={CALL ORDER BARBER SERVICE BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE FIRST COME FIRST SERVED (FCFS)}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/90/}, abstract={Rambut adalah mahkota untuk setiap orang, tidak jarang semua orang mementingkan penampilan rambut bukan hanya dikalangan kaum Hawa namun juga kaum Adam pun merasa penampilan rambut adalah hal yang penting, bahkan menjadi tolak ukur sebuah aspek kerapian seseorang. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa mempunyai kriteria kerapian masing-masing, dari peraturan sekolah hingga inststansi kantor. Maka dari itu tukang pangkas rambut hadir untuk melayani masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dalam hal modeling rambut. Namun sering kali kerap pelanggan mengeluh tentang mulai antrian, kadang sering dibeberapa waku pelanggan juga datang ke kedai tapi kedai tutup dan pelanggan yang tidak punya waktu untuk datang ke kedai potong rambut. Oleh karena itu, diperlukan berbagai aspek yang harus dipertimbangkan dalam mengambilan keputusan, untuk itu perlu dirancang dan diimplementasikan sebuah aplikasi yang mengimplementasikan konsep metode First Come First Served (FCFS). Diharapkan dapat memudahkan bagi barber dan pelanggan di kedai Potong Rambut Dahlia Madura. Dalam membangun suatu aplikasi pemesanan potong rambut ini menggunakan metode Waterfall. Untuk pemodelan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML) seperti use case diagram, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram, serta perangkat lunak yang digunakan dalam membangun system ini memakai bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP) dan XAMPP sebagai koneksi ke dalam database yaitu MySQL. Pengujian sistem menggunakan metode User Acceptance Testing (UAT), black box, dan white box. Berdasarkan pengujian User Acceptance Testing (UAT), menghasilkan persentase tercapai 87,2% sehingga dapat dikategorikan layak digunakan dalam memberi kemudahan dalam melakukan pemesanan di Pangkas Rambut Dahlia Madura. Pengujian black box dari halaman admin dan user menunjukkan keberhasilan yang didapat 100% dalam pengujjian fungsionalitas aplikasi pemesanan potong rambut. Sedangkan Pengujian white box menghasilkan persentase 100% dalam penerapan FCFS terbukti teruji dapat Meminimalisir kesalahan dalam antiran dan untuk mengetahui sejauh mana aplikasi berbasis android ini dapat mempermudah pelayanan. Kata Kunci: Aplikasi Pemesanan, Barbershop, First Come First Served, Antrian, Teknologi Informasi} }