@thesis{thesis, author={ARAFAT HASAN}, title ={PEMANFAATAN VIDEO TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 31 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/ 2023}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/905/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas peserta didik kelas VIII SMPN 31 Semarang dalam proses pembelajaran, peserta didik hanya mengetahui cara menggunakan buku sebagai alat bantu belajar. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran diperlukan suatu alat bantu pembelajaran berbasis media yang dapat menarik perhatian peserta didik agar dapat meningkatkan kinerja dan pemahaman siswa. Penting untuk menerapkan inovasi video pembelajaran berbasis TikTok untuk melibatkan siswa dalam belajar sehingga materi yang diajarkan mudah dipahami. Berdasarkan pada latar belakang tersebut, maka permasalahan timbul Bagaimana Pemanfaatan Video Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Menulis Teks Eksplanasi Peserta Didik Kelas VIII SMPN 31 Semarang Tahun Ajaran 2022/2023? Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Pemanfaatan Video Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Menulis Teks Eksplanasi Peserta Didik Kelas VIII SMPN 31 Semarang Tahun Ajaran 2022/ 2023. Jenis penelitian ini adalah mixed method. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas VIII dengan menggunakan media memanfaatkan video media sosial TikTok di atas, bisa terlihat bahwa rerata skor peserta didik kelas VIII SMPN 31 Semarang Tahun Ajaran 2022/ 2023 saat menulis teks eksplanasi secara umum yaitu pada tingkatan cukup (50-74). Nilai rerata peserta didik dari kinerja tes menulis teks eksplanasi yaitu 66.71 pada tingkatan cukup bermanfaat. Kata kunci: media pembelajaran, tiktok, teks eksplanasi} }