@thesis{thesis, author={Ratnasari Dwi Handayani}, title ={PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL SCRAPBOOK BERBASIS STEM PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR KELAS V SEKOLAH DASAR}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/915/}, abstract={DWI HANDAYANI RATNASARI. NPM 19120292. ?Pengembangan Bahan Ajar Digital Scrapbook Berbasis STEM Materi Perpindahan Kalor Kelas V Sekolah Dasar?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Semarang. 2023. Latar belakang ini adalah dalam proses pembelajaran guru belum memanfaatkan bahan ajar pembelajaran secara maksimal, peserta didik kurang memahami materi karena merasa bosan dengan pembelajaran yang berlangsung secara monoton. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan bahan ajar digital scrapbook berbasis STEM untuk digunakan sebagai bahan ajar pada materi perpindahan kalor kelas V sekolah dasar?, (2) Bagaimana kepraktisan bahan ajar digital scrapbook berbasis STEM untuk digunakan sebagai bahan ajar pada materi perpindahan kalor kelas V sekolah dasar?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kevalidan bahan ajar digital scrapbook berbasis STEM untuk digunakan sebagai bahan ajar pada materi perpindahan kalor kelas V sekolah dasar, (2) untuk mengetahui kepraktisan bahan ajar digital scrapbook berbasis STEM untuk digunakan sebagai bahan ajar pada materi perpindahan kalor kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan oleh peneliti menggunakan langkah-langkah dasar penelitian (Research and Development) yang dikemukakan oleh Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah. Berdasarkan keputusan Strata (S1) yang melakukan penelitian dan pengembangan hanya sebatas pada uji coba lapangan awal dan revisi hasil uji coba berdasarkan hasil analisis uji coba lapangan awal. Jadi hanya pada sampai tahapan kelima yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) merevisi hasil uji coba. Sampel yang diambil adalah 28 siswa kelas V. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, angket dan dokumentasi. Hasil validasi yang dilakukan dengan ahli media bahan ajar digital scrapbook berbasis STEM mendapatkan kategori sangat valid dengan persentase sebesar 100%. Sedangkan hasil validasi yang dilakukan dengan ahli materi mendapatkan kategori sangat valid dengan persentase sebesar 98,8%. Hasil angket respon guru kelas V terhadap bahan ajar digital scrapbook berbasis STEM mendapatkan kategori sangat praktis dengan persentase sebesar 100%. Sedangkan hasil angket respon siswa kelas V terhadap bahan ajar digital scrapbook berbasis STEM mendapatkan kategori sangat praktis dengan persentase sebesar 99%. Kesimpulannya bahwa bahan ajar digital scrapbook berbasis STEM ini sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah bahan ajar digital scrapbook berbasis STEM dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Digital Scrapbook berbasis STEM} }