@thesis{thesis, author={Ilmasari Dwiyana}, title ={IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/922/}, abstract={Dwiyana Ilmasari, NPM 16120443. ?Implementasi Program Sekolah Adiwiyata dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Drs. Suyitno, M.Pd. Pembimbing II Ervina Eka S,S.Si.,M.Pd. Agustus 2023. Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan oleh pemerintah kepada sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS). Gerakan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan pendidikan lingkungan hidup bagi masyarakat. Tujuan utamanya yakni untuk mewujudkan perilaku ramah lingkungan hidup dari seluruh warga sekolah. Suatu sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan PBLHS dan telah memenuhi kriteria-kriteria tertentu akan diberi penghargaan oleh kementrian Lingkungan Hidup dan menjadi Sekolah Adiwiyata. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Program Sekolah Adiwiyata dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah Dasar, Apakah terealisasi dengan baik atau hanya berakhir pada sebuah label penghargaan dan tulisan saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil implementasi program adiwiyata dalam pembentukan karakter peduli lingkungan di sekolah dasar. Jenis penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode study pustaka atau penelitian kepustakaan. Hasil analisis 4 artikel dan 1 skripsi tentang bagaimana Implementasi Program Sekolah Adiwiyata dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah Dasar menunjukan bahwa Hasil implementasi program adiwiyata dalam pembentukan karakter peduli lingkungan sudah terintegrasi pada kebijakan yang berwawasan lingkungan dan terintegrasi dalam masing-masing mata pelajaran, kemudian pengintegrasian disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah untuk menciptakan kesepakatan sekolah yang berwawasan lingkungan. Saran peneliti yaitu untuk lebih menerapkan indicator-indikator dalam implementai sekolah adiwiyata agar lebih menciptakan sekolah yang nyaman, bersih dan mengembangkan kegiatan untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.} }