@thesis{thesis, author={Ayu Annisa}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/923/}, abstract={Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan Indonesia masih terbilang cukup jauh tertinggal. Oleh karenanya peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android menggunakan Augmented Reality berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar yang layak digunakan dan mengetahui hasil kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 langkah, yaitu Analysis, Design , Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen penelitian berupa angket validasi media, angket validasi materi, dan tes. Pengembangan media menggunakan software Blender 2.90.1 dan Unity Engine 2018 4.36. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenenitas, uji t pihak kanan dan uji ketuntasan belajar. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) presentase validasi ahli media sebesar 91,5%, ahli materi 93% . (2) hasil uji kepraktisan berdasarkan respon siswa diperoleh presentase sebesar 87% % dengan kategori sangat baik. (3) data dari lapangan menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh media pembelajaran menggunakan Augmented Reality berbasis etnomatmatika lebih baik di banding dengan siswa yang menggunakan pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci : Bangun Ruang Sisi Datar, Augmented Reality, Kemampuan Berpikir Kreatif} }