@thesis{thesis, author={ZAHARA HILMIA}, title ={ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI BERBANTU MEDIA GAMBAR BERSERI KELAS IV SD NEGERI NGEMPLAKREJO KABUPATEN REMBANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/927/}, abstract={HILMIA ZAHARA 19120068. ?Analisis Kemampuan Menulis Karangan Narasi Berbantu Media Gambar Berseri Kelas IV SD Negeri Ngemplakrejo Kabupaten Rembang?. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Penelitian ini membahas tentang analisis keterampilan menulis karangan narasi berbantu media gambar berseri kelas IV SD Negeri Ngemplarejo Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang. Latar belakang penelitian ini yaitu peserta didik pada tingkat SD masih sering mengalami kesulitan untuk memulai membuat sebuah tulisan. Ini disebabkan oleh keterbatasan mereka dalam hal pengalaman dan juga ide. Media gambar berseri diterapakan pada kelas IV ini dalam menulis karangan narasi dapat memotivasi siswa karena bisa aktif dan kreatif, dapat mengembangkan gagasan dan ide, peserta didik lebih mudah menemukan kosa kata dan mengungkapkan isi gambar kedalam bentuk tulisan. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah 1)untuk menganalisis proses pelaksanaan pembelajaran menulis karangan narasi berbantu media gambar berseri.kelas IV SD Negeri Ngemplakrejo. 2)untuk menganalisis kemampuan menulis karangan narasi berbantu media gambar berseri kelas IV SD Negeri Ngemplakrejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian bahwa proses pembelajarn menulis karangan narasi berbantu media gambar berseri siswa kelas IV berjalan dengan kondusif dimana menunjukkan antusias mereka dalam mengikuti pembelajaran. Hasil menulis karangan menulis diperoleh hasil 13 siswa dengan penilaian cukup, persentasenya sebesar 48%, 11 siswa dengan penilaian baik, persentasenya sebesar 41% dan 3 siswa dengan penilaian sangat baik persentasenya sebesar 11%. Jika dirata- rata dengan banyak siswa yang memiliki nilai cukup tanpa melihat nilai angkanya maka dihasilkanlah nilai 10 (cukup). Keterampilan menulis karangan narasi siswa berbantu media gambar berseri kelas I V adalah cukup. Kemampuan menulis dengan rata-rata nilai cukup memiliki permasalahan keterampilan menulis di antaranya tidak mengetahui apa yang harus dimulai, kurangnya keaktifan membaca dan referensi membaca, kurangnya pengetahuan dalam aturan penulisan yang benar, dan permasalahan penggunaan bahasa. Saran yang dapat disampaikan adalah siswa agar lebih rajin membaca buku agar dapat memperluas wawasan siswa mengenai kosa kata. Guru membangun kebiasaan siswa dalam menulis karangan narasi sesuai dengan aturan penulisan yang tepat. Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Karangan Narasi, Media Gambar Berseri} }