@thesis{thesis, author={MUNA IKA NAILUL}, title ={ANALISIS PENDAMPINGAN ORANGTUA DALAM PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA 2-5 TAHUN}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/947/}, abstract={IKA NAILUL MUNA. NPM 18150010. ?Analisis Pendampingan Orangtua dalam Penggunaan gadget pada Anak Usia 2-5 Tahun?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini yaitu mengenai pendampingan orangtua dalam penggunaan gadget pada anak. Di Era sekarang banyaknya orang tua yang bekerja, baik ayah maupun ibu karena keterbatasan ekonomi. Sehingga anak di asuh dengan nenek atau keluarga besar lainnya dimana mereka beranggapan ? yang penting diam ? mereka memberikan gadget supaya anak lebih tenang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ? bagaimana pendampingan orang tua dalam mendampingi anak usia 2-5 tahun bermain gadget?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendampingan orang tua pada anak usia 2-5 tahun saat bermain gadget. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pendampingan orangtua dalam penggunaan gadget anak usia 2-5 tahun yaitu terdapat beberapa orangtua yang mampu mendampingi anak dengan menemani anak disampingnya dan dapat memilihkan aplikasi yang akan digunakan serta memberikan durasi berapa lama untuk menggunakan gadget, selanjutnya terdapat orangtua yang memberikan kepercayaan kepada anak bahwa ia menggunakan gadget tidak hanya untuk hiburan saja, namun dapat menambah pengetahuan seperti bertambahnya kosakata atau menambah bahasa baru yang orangtua tidak mengajari anak, berikutnya terdapat pula orangtua yang justru memberikan gadget dengan di dampingi untuk belajar karena anak dapat memahami dan mengingat dengan mudah, kemudian terdapat orangtua yang mendampingi anak dengan disambi mengerjakan pekerjaan rumah, serta terdapat orangtua yang belum paham mengenai pendampingan orangtua dalam penggunaan gadget pada anak karena kurangnya pengetahuan orangtua sehingga anak dibiarkan bermain gadget sendiri. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah orang tua hendaknya lebih banyak meluangkan waktu untuk anak, kemudian orangtua dapat lebih berperan lagi dalam pendampingan menggunakan gadget. Untuk itu pemanfaatan teknologi dalam pendidikan anak usia dini dapat dilakukan secara bijak oleh orang tua, dan pemanfaatan teknologi ini disesuaikan dengan tahap perkembangan anak, karena teknologi dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran.} }