@thesis{thesis, author={RISMAWATI IKA}, title ={ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III DI SDN 01 KETAPANG TAHUN AJAR 2023/2024}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/950/}, abstract={IKA RISMAWATI. NPM 19120339 ?Analisis Kesulitan Siswa dalam Keterampilan Membaca Siswa Kelas III di SDN 01 Ketapang Tahun Ajar 2023/2024?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar belakang penelitian ini yaitu adanya kesulitan siswa dalam keterampilan membaca siswa kelas III SDN 01 Ketapang. Fokus dari penelitan ini yaitu menganalisis kesulitan siswa dalam keterampilan membaca siswa kelas III SDN 01 Ketapang, permasalahan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan kesulitan ? kesulitan yang dihadapi siswa serta mengetahui faktor - faktor apa saja yang menyebabkkan siswa berkesulitan membaca di kelas III SDN 01 Ketapang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan keterampilan membaca serta faktor ? faktor kesulitan keterampilan membaca terhadap siswa kelas III di SDN 01 Ketapang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis kualitatif desrkiptif. Subyek data dalam penelitian ini yaitu 6 subjek yang terdiri dari 5 siswa laki ? laki dan 1 siswa perempuan yang mengalami kesulitan dalam keterampilan membaca. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil analisis yang sudah dideskripsikan yaitu pada kelas III di SDN 01 Ketapang bentuk kesulitan membaca pada setiap siswa berbeda. Kesulitan yang dialami siswa kelas III di SDN 01 Ketapang yaitu siswa kesulitan mengenali huruf konsonan seperti ?n?, ?w?. ?r?, ?y?, ?x, ?q? dll. Ada juga siswa yang masih kesulitan membedakan huruf ?b?,?d?,?m?,?n?. Kesulitan lain yaitu dalam merangkai huruf menjadi kata apalagi kata dengan susunan huruf yang lebih kompleks sulit bagi siswa yang memiliki kesulitan membaca, misalnya kata "mengguraikan", "khawatir", "transportasi" dan lainnya. Selain itu dalam membaca suatu bacaan ada beberapa kata yang ditambahkan atau dikurangkan oleh siswa misalkan tulisan ?menyebabkan? hanya dibaca sebab. Tanda baca seperti tanda titik (.) atau koma (,) juga kurang diperhatikan oleh siswa sehingga saat membaca siswa masih semaunya sendiri tanpa memperhatikan tanda baca yang benar. Berdasarkan hasil dari penelitian ini diharapkan guru mampu memberikan perhatian lebih khususnya bagi siswa yang masih kesulitan dalam keterampilan membaca agar siswa lebih termotivasi untuk menumbuhkan rasa ingin membaca. Selain itu orang tua juga diharapkan ikut serta meluangkan waktu agar bisa lebih memperhatikan proses belajar anak khususnya belajar membaca.} }