@thesis{thesis, author={ANNISA FAIRUZ}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI MINNIE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4 – 5 TAHUN}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/951/}, abstract={Latar Belakang yang mendorong penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Pembelajaran Membaca Permulaan hanya didorong melalui poster 2) Media dan Permainan masih terbatas yang sesuai untuk pengenalan huruf pun kurang menarik dan perlu pengembangan. Berdasarkan permasalahan yang ada untuk mengembangkan produk media yaitu Pengembangan Media Animasi Minnie Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4 ? 5 Tahun dengan rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana mengembangkan media animasi untuk stimulasi kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini? 2) Bagaimana mengimplementasikan media animasi yang dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini? 3) Bagaimana mengevaluasi penggunaan media animasi yang dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini? Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian yaitu 1) Untuk mengembangkan konten video animasi untuk stimulasi kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini. 2) Untuk mengimplementasikan konten video animasi yang dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini. 3) Untuk mengevaluasi penggunaan video animasi yang dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian ADDIE yang dikemukakan oleh Tegeh, dkk (2019: 42) dengan tahapan penelitian yang dilakukan meliputi: 1) Analysis (analisis), 2) Design (Desain), Development (Pengembangan), 4) Implementati on (Implementasi) , dan 5) Evaluation (Evaluasi). Berdasarkan pada pengembangan yang dilakukan, maka karakteristik dari Pengembangan Media Animasi Minnie Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4 ? 5 Tahun yaitu media pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Power Point berdasarkan model pengembangan Tegeh, dkk (2019: 42). Hasil penelitian menunjukan penilaian oleh validasi oleh ahli media dan ahli materi memperoleh presentase rata-rata sebesar 100% dengan kriteria sangat valid. Adapun hasil uji coba terbatas dengan responden yang relevan pada hasil instrumen responden memperoleh presentase rata-rata 98% dengan kriteria sangat baik dan rata-rata hasil instumen observasi anak terkait membaca permulaan memperoleh presentase rata-rata 100% dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan berdasarkan presentase perolehan hasil uji validasi dan uji lapangan bahwa pengembangan produk Media Animasi Minnie Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4 ? 5 yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran} }