@thesis{thesis, author={Noviana Erna}, title ={UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI SENI TARI DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN GAJAH KELOMPOK B1 USIA 5-6 TAHUN}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/953/}, abstract={ERNA NOVIANA. NPM 20156025 ?Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Seni Tari Di TK Negeri Pembina Kecamatan Gajah Kelompok B1 Usia 5-6 Tahun? Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendididkan Universitas PGRI Semarang.Dosen Pembimbing I Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd. Dosen Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd, M.Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya tingkat sosial emosional anak yang disebabkan dari media pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan sosial emosional anak kelompok B1 melalui kegiatan seni tari di TK Negeri Pembina Kecamatan Gajah Demak Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 15 anak kelompok B1 di TK Negeri Pembina Kecamatan Gajah Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2022/2023. Dari hasil akhir dengan menggunakan teknik dua siklus diperoleh hasil peningkatan perkembangan sosial emosional anak anak pada siklus I perkembangan sosial emosional anak mencapai presentase 42,22% yaitu 6 anak yang berkembang sesuai harapan dan siklus II perkembangan sosial emosional anak meningkat mencapai 75,55% yaitu 11 anak yang berkembang sesuai harapan. Hasil peningkatan perkembangan sosial emosional anak pada siklus I perkembangan sosial emosional anak mencapai presentase 2.96% yaitu 1 anak yang berkembang sangat baik. dan siklus II perkembangan sosial emosional anak mencapai 14,82% yaitu 2 anak yang berkembang sangat baik Perkembangan sosial emosional anak mengalami peningkatan yang signifikan. Indikator pencapaian kerja tercapai dengan optimal. Hasil hipotesis yang berbunyi kemampuan sosial emosional anak meningkat melalui seni tari pada anak kelompok B1 di TK Negeri Pembina Kecamatan Gajah Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perkembangan sosial emosional pada anak meningkat melalui seni tari Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya Anak TK lebih optimal dalam kegiatan seni tari, untuk meningkatakan perkembngan sosial emosional pada anak. Kunci : sosial emosional, seni tari.} }