@thesis{thesis, author={SINAWANG IMANIA PUJA}, title ={PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BERBASIS OUTBOUND DALAM KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/970/}, abstract={IMANIA PUJA SINAWANG, NPM 19120219. ?Pengembangan Model Permainan Berbasis Outbound dalam Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Asep Ardiyanto, S.Pd., M.Or. dan Dosen Pembimbing II Ferina Agustini, S.Pd., M.Pd. Juli. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih rendahnya rasa peduli lingkungan siswa dan belum adanya inovasi pendidikan karaker pada SD Negeri Kalicari 02. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah Pengembangan Model Permainan Berbasis Outbound dalam Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kevalidan dan kelayakan pengembangan Model Permainan berbasis Outbound dalam Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar, 2) Bagaimana penerapan Model Permainan berbasis Outbound dalam Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas V Sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kevalidan dan kelayakan pengembangan model permainan permainan berbasis outbound dalam karakter peduli lingkungan pada siswa kelas V sekolah dasar, 2) Untuk mengetahui penerapan Model Permainan berbasis Outbound dalam Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implemetation, Evaluation). Produk yang dihasilkan adalah model permainan berbasis outbound dalam karakter peduli lingkungan yang sudah diimplementasikan pada SD Negeri Kalicari 02. Model Permainan Berbasis Outbound dalam Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar mendapatkan hasil validasi model sebesar 85% dan 95% dengan kriteria ?sangat layak? dan hasil validasi materi sebesar 88% dan 93% dengan kriteria ?sangat layak?. Hasil angket kepraktisan respon guru mendapatkan presentase sebesar 91% dengan kriteria ?sangat layak?. Hasil angket siswa sebelum dilakukan treatment didapatkan presentase sebensar 60% dengan krteria ?tidak layak?. Kemudian untuk hasil angket siswa sesudah dilakukan treatment didapatkan presentase sebesar 88% dengan kriteria ?sangat layak?. Dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Model Permainan Berbasis Outbound dalam Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar valid, layak dan praktis digunakkan. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat dismpaikan adalah supaya model permainan berbasis outbound dalam karaker peduli lingkungan dapat digunakan sebagai salah satu inovasi guru dalam penerapan karakter peduli lingkungan siswa.} }