@thesis{thesis, author={SHOLIHAH INAYAH „AMILATUS}, title ={KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MICROSOFT TEAMS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI USAHA DAN ENERGI SISWA SMA N 1 TAHUNAN}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/979/}, abstract={Kegiatan menghafal dalam pembelajaran fisika pada dasarnya kurang sesuai dengan hakikat belajar fisika karena tidak meliputi proses, produk dan sikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning berbantu Microsoft Teams untuk meningkatkan hasil belajar pada materi Usaha dan Energi siswa SMA N 1 Tahunan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi-experoment) dengan rancangan one grup pretest and posttest design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel siswa kelas X IPA 6 SMA Negeri 1 Tahunan Jepara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua teknik yakni non test dan test. Tes yang digunakan berupa soal latihan pilihan ganda berdasarkan lembar kegiatan peserta didik (LKPD). Analisis data penelitian ini antara lain uji validitas soal tes, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan hasil pretest materi Usaha dan Energi menunjukan rata-rata skor 59,41, nilai terendah 25 dan nilai tertinggi yaitu 90 dengan nilai standar deviasi sebesar 14.022. Sedangkan hasil tes setelah perlakuan PBL menunjukan peningkatan rata-rata yaitu sebesar 86,03, nilai terendah 70, nilai tertinggi 95 dan nilai standar deviasi sebesar 8.237. Pada hasil uji beda t test antara kelompok pretest dengan posttest hasil belajar materi Usaha dan Energi menunjukan nilai 0,000 < 0,05 dan nilai sebesar (10.008) lebih besar dari nilai (2.0301) yang berarti hipotesis (Ha) dapat diterima. Sehingga model problem Based Learning berbantu Microsoft Teams efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada materi Usaha dan Energi siswa SMA N 1 Tahunan. Kata Kunci : Problem Based Learning, Microsoft Team, Hasil Belajar} }