@thesis{thesis, author={Agustina Fani}, title ={STUDI ANALISIS GURU KELAS PADA PERENCANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN 1 KETRO KECAMATAN KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/98/}, abstract={FANI AGUSTINA. NPM 19120185. ? Studi Analisis Guru Kelas Pada Perencanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD N 1 Ketro Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan?. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum fleksibel yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar siswa memiliki cukup waktu untuk mendalami materi dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki kebebasan dalam menentukan perangkat pembelajaran seperti apa yang akan di gunakan sehingga pembelajaran dapat di sesuaikan dengan kebutuhan siswa dan minat belajar siswa. permasalahan yang di ambil disini adalah Bagaimana perencanaan pembelajaran kurikulum merdeka di SD N 1 Ketro Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui studi analisis guru kelas pada perencanaan pembelajaran kurikulum merdeka belajar di SD Negeri 1 Ketro Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode kualitatif yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Dimana obyek yang diambil adalah kepala sekolah serta guru yang sudah mulai menerapkan kurikulum ajaran baru yaitu di kelas 1 dan 4. Dimana instrument yang digunakan adalah instrument wawancara, observasi, dan dokumentas. Hasil dari penelitian ini bahwa perencanaan pembelajaran di era kurikulum merdeka ini masih pada tahan uji coba. Perencanaan yang guru siapkan yaitu dengan menyiapkan modul sebagai acuan dalam melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas. Minimnya fasilitas juga membuat guru kesulitan dalam melakukan pembelajaran berbasis media elektronik. Setelah melakukan penelitian dapat di simpulkan bahwa sekolah SD N 1 Ketrosudah mulai melaksanakan kurikulum merdeka dimana sekolah sudah melakukan uji coba dengan menerapkan di kelas 1 dan 4. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah Pemerintah diharapkan untuk lebih memperhatikan guru selama masa peralihan kurikulum. Dinas pendidikan Kabupaten Grobogan diharapkan juga untuk mengadakan sosialisasi, pelatihan dan arahan secara khusus ke sekolah ?sekolah untuk para guru yang ada di grobogan.} }