@thesis{thesis, author={Mu'arif Saeun}, title ={Analisis strategi pemasaran jambu buji (Psidium Guajava L.) sebagai peluang alternatif untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat (Studi Kasus di Desa Glagahsari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban)}, year={2021}, url={http://erepository.uwks.ac.id/10463/}, abstract={Pemberdayaan ekonomi masyrakat adalah konsep pembangunan sebuah sistem ekonomi yang merangkum nilai-nilai sosial dan produksi, pengolahan sumberdaya yang dimiliki untuk meningkatkan keejahteraan masyarakat. Desa Glagahsari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban memiliki potensi usahatani jambu biji yang prospeknya baik, ini merupakan peluang alternatif dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk merumuskan strategi pemasaran usahatani jambu biji sebagai peluang alternatif pemberdayaan ekonomi masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Penentuan responden dilakukan secara sengaja (purposive) sebanyak 30 petani. Data primer diperoleh dari pengamatan, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan dan data statistik. Data dianalisis dengan Internal Factors Analysis Summary (IFAS), Eksternal Factors Analysis Summary (EFAS), Matrik SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, and Threats). Analisis IFAS dan EFAS menunjukkan nilai (bobot x rating) sebesar 3,405 dan 3,52. Analisis Matriks SWOT diperoleh usahatani jambu biji di Desa Glagahsari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban berada pada kuadran I, strategi pemasaran sebagai peluang alternatif untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat adalah strategi agresif, yaitu dengan menjaga hubungan baik antara petani, pelanggan dan pengusaha.} }