@thesis{thesis, author={Firmansyah Ellen Khoir}, title ={Model pembelajaran role playing pada mata pelajaran Matematika materi penaksiran pecahan sederhana kelas IV}, year={2020}, url={http://erepository.uwks.ac.id/7400/}, abstract={Pembelajaran di sekolah sampai dengan tahun ini mayoritas masih tetap menggunakan mmetode ceramahh yangg selalu diulang-ulang dalam proses kegiatan belajar mengajar membuat suasana belajar tidak hidup, siswa hanya diam mendengarkan dan tidak mampu menyerap ilmu yang disampaikan guru. Maka dari itu perlu diterapkan model pembelajaran atraktif agar mereka aktif dan tidak bosan. Model role playing model yang membuat siswa berpartisipasi secara aktif supaya tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. Penelitiann ini bertujuann uuntuk mmendapatkan perangkat model pembelajaran yang valid padaa mmata ppelajaran mMatematika materi penaksiran pecahan sederhana kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Instrumen yang dibuat dalam mengumpulkan data adalah lembar validasi. Lembar validasi sedniri terbagi menjadi 3, yaitu lembar validasi RPP, LKS, dan Tes Hasil Belajar. Lembar validasi aka dinilai oleh validator untuk mengetahui dari kevalidan masing-masing aspek. Jika hasill kkevalidan ddata mmelebihi kkriteria kelayakan, mmaka llembar validasii ttersebut aakan ddapat ddinyatakann lllayak ddigunakan dan validd padaa kegiatan belajar mengajar di kelas IV.} }