@thesis{thesis, author={Passati Noveiga Esa}, title ={Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPA materi energi klas 5 SDN Asemrowo 2 Surabaya}, year={2021}, url={http://erepository.uwks.ac.id/9617/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Problem Based Learning pada materi Energi kelas 5 SDN Asemrowo II Surabaya. Aspek yang diamati dalam penerapan Problem Based Learning antara lain aktivitas guru dan siswa, respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Energi Kelas 5 SDN Asemrowo II Surabaya. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang berfokuskan pada siswa, sehingga penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam materi energi diharapkan dapat membuat siswa terlibat lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas 5A SDN Asemrowo II Surabaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan angket, instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan dilengkapi lembar observasi dan lembar angket. Data yang telah diperoleh dari lembar observasi dan lembar angket di analisis menggunakan perhitungan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning mendapatkan kategori baik. Hal ini ditunjukkan dari presentase aktivitas guru pada pertemuan pertama mendapatkan presentase sebesar 89,2%, pertemuan kedua sebesar 92,85%, dan pada pertemuan ketiga mendapatkan presentase sebesar 96,42% dari tiga pertemuan tersebut aktivitas guru mendapatkan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan pertama mendapatkan presentase sebesar 92,34% mendapatkan kategori sangat baik, pertemuan kedua mendapatkan presentase sebesar 94,93% mendapatkan kategori sangat baik, dan pertemuan ketiga mendapatkan presentase sebesar 89.57% masuk ke kategori sangat baik. Respon siswa setelah mengikuti pembelajaran mendapatkan presentase 78,83%, respon tersebut masuk kedalam kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam materi Energi Kelas 5 SDN Asemrowo II Surabaya terlaksanakan dengan baik.} }