@thesis{thesis, author={Setyo Wim}, title ={Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar pada pokok bahasan trigonometri di kelas XI IPA SMA Gema 45 Surabaya}, year={2021}, url={http://erepository.uwks.ac.id/9716/}, abstract={Setyo, Wim.2021. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Trigonometri di kelas XI IPA Surabaya: Studi kasus Line Source di SMA Gema 45 Surabaya. Pembimbing: (I) Meilantifa, S.Pd., M.Pd dan (II) Herfa Maulina, D.S, S.Si., M.Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran CTL, Hasil Belajar Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah salah satu cara penyampaian materi paling mudah dilakukan oleh pengajar terhadap siswa dalam menghubungkan konsep materi pelajaran dengan aspek kognitif siswa kemudian menerapkan kedalam kondisi situasi dunia nyata. Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan trigonometri di kelas XI IPA Gema 45 Surabaya dengan menggunakan metode berupa soal test dalam jumlah populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Gema 45 Surabaya kemudian diambil sebagian populasi untuk dijadikan sampel yaitu kelas XI IPA 1 sebagai eksperimen dan kelas XI IPA 2 kelompok kontrol yang diberi perlakuan berbeda dengan hasil penelitian bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh karena nilai posttest kelas eksperimen 75,3 dan nilai posttest kelas kontrol dengan nilai rata rata 74,84.} }