@thesis{thesis, author={ }, title ={Strategi pemasaran kawasan wisata Candi Prambanan sebagai kawasan wisata sejarah dan budaya dalam upaya menaikkan jumlah kunjungan wisatawan}, year={2006}, url={http://new.etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/30141}, abstract={(ABSTRAKSI) Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi pemasaran yang paling memungkinkan untuk kawasan wisata Candi Prambanan dengan pertimbangan kawasan ini sebagai kawasan wisata sejarah dan budaya dengan memperhatikan persepsi, motivasi, kepuasan dan opini wisatawan, pengelola dan pelaku pariwisata guna menaikkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, juga menemukan arah kecenderungan dari keinginan pasar atas pengembangan yang perlu dilakukan di kawasan wisata Candi Prambanan, dengan permasalahan utama menurunnya jumlah wisatawan mancanegara dan rendahnya length of stay dan pembelanjaan wisatawan mancanegara. Variabel penelitian adalah kondisi produk wisata, profil demografis, psikografis dan kepuasan wisatawan mancanegara di kawasan wisata Candi Prambanan dengan subyek penelitian berjumlah 50 orang responden dengan metode kuesioner yaitu wisatawan mancanegara di zona I dan II kawasan wisata Candi Prambanan dan 25 orang nara sumber dengan metode wawancara yaitu pengelola dan pelaku pariwisata di kawasan wisata Candi Prambanan. Analisis yang digunakan adalah analisis produk dan pasar dengan konsep Trilogi Pariwisata Budaya; analisis kepuasan wisatawan dengan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t; analisis penurunan kunjungan wisatawan mancanegara; dan analisis pemasaran produk wisata yang meliputi analisis product life cycle, posisi produk terhadap pasar dan pesaing, analisis profil kunjungan wisatawan mancanegara, dan segmenting, targetting dan positioning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara disebabkan oleh ketidakseimbangan Trilogi pariwisata budaya, yaitu belum tercapainya kepuasan wisatawan, yang berpengaruh 89% terhadap kedatangan wisatawan ke kawasan wisata Cand i Prambanan; strategi pemasaran eksisting kawasan wisata Candi Prambanan tidak terkonsentrasi pada kawasan wisata Candi Prambanan saja dan lebih dikonsentrasikan pada aspek harga dan promosi. (ABSTRACT) This research aims at finding the most possible marketing strategy for Candi Prambanan tourism area with consideration of this area as a cultural and heritage tourism area with attention to tourists perception, motivation, satisfaction and the management and tourism figures opinions in effort to increase visitor arrival, also finding the inclination from market demand of the developing at Candi Prambanan tourism area, with major promlems are the dicreased of visitor arrival, length of stay and foreign visitor expenses. The research variable are tourism product condition and foreign tourists demographic, pshycographic and satisfaction at Candi Prambanan tourism area. The research subjects are 50 foreign tourists at zone I and II at Candi Prambanan tourism area as respondents of the quetioners and 25 people of the management and tourism figures at Candi Prambanan tourism area with interview method. The research analyzes with the product and market analysis with the Culture Tourism Trilogy concept; tourists satisfaction analysis with double regression analysis, F test and t test; visitor arrival dicreasing analysis; and tourism product marketing analysis include product life cycle analysis, product position towards market and competitor analysis, foreign tourists arrival analysis, and segmenting, targetting and positioning analysis. The research finds that the dicreased of visitor arrival at Candi prambanan tourism area caused by the unbalanced of The Culture Tourism Trilogy, tourists satisfaction that haven’t achieved yet, that 89 % influencing visitor arrival to Candi Prambanan tourism area; the existing marketing strategy at Candi Prambanan tourism area unconcentrated to Candi Prambanan tourism area and more concentrates to the price and promotion aspects.} }