@thesis{thesis, author={ }, title ={Pengaruh Metode Pembelajaran yang Menyenangkan (Joyful Learning) Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Kelas VII SMP Piri Ngaglik Sleman}, year={2012}, url={http://new.etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/56651}, abstract={(ABSTRAKSI) Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis data yang diperoleh dari kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui penjaringan angket motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa Inggris serta untuk mendapatkan kesimpulan apakah ada pengaruh yang signifikan melalui penerapan metode pembelajaran yang menyenangkan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini didesain dengan mengunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas yang berbeda. Metode pembelajaran yang menyenangkan adalah penerapan permainan bahasa (games): share and care, hangman spelling, wordplay, corssword puzzle dan lagu (song). Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII.C dipilih sebagai kelas eksperimen atau kelas yang menggunakan metode pembelajaran menyenangkan dengan jumlah siswa 23 orang dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang dengan model pengajaran berbeda. Adapun manfaat utama yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, menambah pengetahuan dan keterampilan guru menggunakan metode pengajaran yang menyenangkan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi peneliti sendiri dan sebagai bahan perbandingan bagi peneliti lainnya. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis data dengan menggunakan uji-t yaitu independent sample t-test dan paired sample t-test membuktikan ada pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data tersebut membuktikan bahwa pada kelas eksperimen melalui implementasi metode pembelajaran yang menyenangkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris. (ABSTRACT) The main purpose of this research is to examine and analyses the data obtained from experiment and control group through a questionnaire toward English subject and also to examine wheter there is a significance effect when the researcher applied this method. Design of this research uses quasy experiment method by using two different groups.Joyful learning method in this research is to apply games and song: share and care, hangman spelling, wordplay, crossword puzzle and song. The sample of the research is the whole of students in VII. C grade which consist of 23 students that considered as experimental group, and control group is the whole of students in VII. B grade which consist of 22 students . The adventages of the research are to increase students’ motivation in learning English, to add teachers’ knowledge and skill in using this method as one of alternative in teaching English in the classroom. Hopefully, this research is able to increase the researcher’s knowledge and skill. Based on the result of examination and data analyses by using independent sample t-test and paired sample t-test proved that there is a significance effect between experimental group and control group. The result of examination indicate that the implementation of this method is able to increase students’ motivation in learning English. In other word, joyful learning method through games and song can give the positive impact in increasing students’ motivation in learning English especially students in VII.C grade at SMP Piri Ngaglik Sleman Yogyakarta.} }