@thesis{thesis, author={ }, title ={PENYUSUNAN SISTEM INFORMASI KONDISI SEKOLAH JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH NEGERI DAN SWASTA KOTA YOGYAKARTA SECARA SPASIAL BERBASIS WEB}, year={2013}, url={http://new.etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/65435}, abstract={(ABSTRAKSI) Penelitian ditujukan untuk masyarakat khususnya masyarakat kota yogyakarta yang akan bersekolah atau menyekolahkan anak-anak mereka di Sekolah Menengah Atas Kota Yogyakarta. Sistem informasi sekolah jenjang pendidikan menengah yang disajikan secara spasial merupakan salah satu alternatif yang cukup efektif untuk menampilkan informasi sekolah dengan tampilan peta-peta interaktif yang telah diolah menggunakan teknologi berbasis komputer, khususnya Sistem Informasi Geografis (SIG). Dengan menggunakan tampilan peta interaktif maka pengguna dapat berinteraksi terhadap peta yang ditampilkan selain itu diharapkan masyarakat semakin terbantu dalam menentukan pilihan yang sesuai. Manfaat lain adalah memberikan gambaran umum tentang sekolah jenjang pendidikan menengah untuk pihak-pihak yang berkepentingan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data primer dan sekunder. Data sekunder didapat dari instansi-instansi yang berhubungan dengan masalah pendidikan sedangkan data primer didapat menggunakan proses wawancara dan observasi langsung di lapangan. Cara pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan sensus dengan obyek penelitian sekolah jenjang pendidikan menengah di Kota Yogyakarta. Selain itu untuk mendapatkan informasi pendukung maka digunakan pula studi pustaka. Kondisi sekolah dalam penelitian ini terkait dengan kualitas internal sekolah tersebut sehingga hasil yang diharapkan adalah kualitas sekolah yang didasari oleh beberapa variabel yaitu akreditasi, nilai kelulusan, jenis sekolah, status sekolah, fasilitas dan standard sekolah. Berdasarkan kalkulasi tersebut didapatkan peta kualitas sekolah. Hasil dari penelitian ini berupa paper map dan digital map yang berisi data-data sekolah secara umum. Kemudian data tersebut disajikan dalam bentuk sistem informasi berbasis web yang dapat diakses di www.sipma-2jogja.com (ABSTRACT) This research addressed for peoples especially those live at Yogyakarta city who will go to shcool or schooling their kids at high schools in Yogyakarta. High schools information system which represented by spatial form is one of effective ways to show schools information using interactive maps display which composed by computer-based technologies in particular Geographic Information System (GIS). By using interactive map display then user could interacted to it, moreover, hopefully it would help people considering their option. Other benefit of this system is give an overview about high schools (in Yogyakarta city) to whom it may concern. Method which used in this research is primary and secondary data analysis. Secondary data collected from stakeholders related to high school education, whereas primary data collected through interview proccess and field observation. The way to collect data on this research is census where high schools inside Yogyakarta city area used as census object. Additionally, literature study also done to get addition information that support observation. “School condition” on this research refer to internal school qualities so expected result for school qualities are based on several variables. Those variables are accreditation, graduate score, school type, grade of school status, facilities and school standard. According to calculation of those variables, school quality map provided. Result of this research are paper maps and digital maps contained school database generally. Then it displayed as web based information system which could be accessed at www.sipma-2jogja.com} }