@thesis{thesis, author={Syarif Miftahudin }, title ={EFEKTIFITAS PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT! PADA PERKULIAHAN TUNGGAL DALAM MENINGKATKAN MUTU PERKULIAHAN PSPD FKIK UMY}, year={2020}, url={https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1031/}, abstract={Latar Belakang : Upaya peningkatan mutu perkuliahan dengan penerapan teknologi semakin dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan kelas berskala besar, salah satunya adalah penerapan Kahoot!. Tujuan : Untuk mengetahui peningkatan mutu perkuliahan PSPD FKIK UMY setelah penerapan aplikasi kuis Kahoot!. Metode : Penelitian quasi experimental pre-post test tanpa control dengan total sampling. Metode analisa data menggunakan uji t berpasangan dilanjutkan dengan uji t tidak berpasangan. Hasil : Hasil uji t berpasangan menunjukkan peningkatan sebesar 7.4% (p=0.001), 7% (p=0.005), 7.2% (p=0.003) dan 6.97% (p=0.085) pada aspek mutu materi kuliah, metode penyampaian, komunikasi & interaksi, dan jadwal kuliah & fasilitas, secara berurutan. Hasil uji t tidak berpasangan menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan mutu antara kelompok ilmu biomedik dengan klinik namun secara tidak signifikan (p>0.05). Kesimpulan : Terdapat peningkatan ke-empat aspek mutu perkuliahan secara signifikan setelah penerapan aplikasi Kahoot!. Peningkatan mutu pada kelompok ilmu biomedik lebih baik daripada ilmu klinik.} }