@thesis{thesis, author={ABDUL MUHYIE BIN ANUAR }, title ={METODE PEMBELAJARAN MENCINTAI DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN (ANALISIS TERHADAP KITAB SA’AD RIYAḌ KAIFA NUHABBIB AL-QUR’AN LI ABNÂ’INÂ}, year={2016}, url={https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25764/}, abstract={*166 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran mencintai dan menghafal al-Qur’an menurut Sa’aḍ Riyaḍ dalam kitab Kaifa Nuhabbibu Al-Qur’an Li Abnâ’inâ. Manfaat dan kegunaan penelitian ini adalah diharap dapat menambahkan dan mengembangkan wawasan keilmuan tentang menghafal al-Qur’an dan sebagai pengantar renungan untuk para peneliti selanjutnya yang menitik beratkan penelitian pada pembahasan mengembangkan pendidikan anak-anak dengan al-Qur’an dan teori tentang menghafal al-Qur’an. Penelitian ini adalah tergolong penelitian kepustakaan (library research) yang mengkaji Kitab Kaifa Nuhabbibu Al-Qur’an Li Abnâ’ina dengan menggunakan analisis data yaitu analisis isi (content analisis). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif analitis karena penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan informasi berupa catatan dan data deskriptif yang terdapat di dalam teks yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan untuk menumbuhkan kecintaan anak terhadap al-Qur’an, hendaklah orang tua mengawali dengan memberikan keteladanan kepada anak-anak dengan menjadikan rumah dengan penuh keteladanan dan pembiasaan karena umumnya keluarga merupakan lingkungan hidup yang pertama bagi setiap orang yang memberikan pengaruh pada cara individu itu memenuhi kebutuhan dasar dalam mendapatkan pengetahuan, memiliki sikap dan mengembangkan keterampilan di dalam dan untuk kehidupan. Seorang pendidik harus memanfaatkan sarana pendidikan modern dan selalu memperbarui dengan apa yang sesuai dengan karakteristik anak-anak. seorang pendidik memilih waktu yang tepat termasuk keterampilan yang dibutuhkan dalam proses pendidikan agar mencapai keberhasilan dalam menanamkan kecintaan terhadap al-Qur’an pada anak didik. Untuk mengajar anak menghafal al-Qur’an, hendaklah memberikan bimbingan dan motivasi dalam pembelajaran menghafal al-Qur’an dengan mengetahui kelebihan menghafal dan membaca al-Qur’an, mengadakan perlombaan menghafal al-Qur’an dalam menanamkan sikap kompetitif di antara anak didik dan memberi imbalan kepada yang menang. Kata kunci:metode, motivasi, menghafal, mencintai, al-Qur’an} }