@thesis{thesis, author={RISTYAWATI }, title ={PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN MAHASISWA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA ANGKATAN 2004-2006)}, year={0000}, url={https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44707/}, abstract={seseorang setelah mendapatkan pendidikan atau latihan. Dalam pencapaian prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor yang bera.sal dari luar (ekstemal) maupun faktor yang berasal dari dalam diri individi itu sendiri (intemal). Dalam pcnclitian ini akan mcmbahas salah satu faktor pencapaian prcstasi bclajar yang berasal dari dalam diri individu yaitu faktor kcpribadian. Mengenai kepribadian individu C.G Jung, membaginya menjadi dua tipe kepribadian yaitu tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian mahasiswa tcrhadap prestasi akadcmik di Fakultas Agama Islam Univcrsitas Muhammadiyah Yogyakarta. Ilipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh tipe kepribadian mahasiswa terhadap prestasi akademik di Fakultas Agama Islam Univcrsitas Muhammadiyah Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah 60 dari 287 mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FAI UMY) angkatan 2004-2006 yang dipilih secara random. Scdangkan mctodc pcngambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mmode angket kepribadian guna memperoleh data tipc kcpribadian mahasiswa Fakultas Agama Islarn Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, sedangkan untuk memperoleh data Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa Fakultas Agama Islam Uniersitas Muhammadiyah Yogyakarta peneliti menggunakan metode dokumentasi. Dan untuk memverifikasi data serta memperkuat hasil analisis maka peneliti mclakukan wawancara kepada beberapa responden. Penelitian ini di analisis secara manual dcngan menggunakan teknik korelasi point serial. Data penelitian ini diperoleh mclalui 2 instrurnen ukur yaitu kucsioner tipe kepribadian dan IPK. Hasil dari penelitian ini yaitu rata-rata prestasi akademik mahasiswa bertipe kepribadian ekstroveri 3,021 dan rata-rata prestasi akademik mahasiswa bertipe kepribadian introvert 2,81. Dari tekhnik korelasi diperoleh hasil t 1.802. Berdasarkan hasil analisis tersebut hipotesis penelitian tidak diterima pada taraf signilikansi 1% atau 5%. Untuk memperkuat hasil analisis peneliti juga melakukan analisis kembali dengan menggunakan rumus product moment yang dilakukan melalui program SPSS. Dari hasil tersebut mcnunjukkan ro (114). dengan hasil tersebut juga menunjukkan tidak ada pengaruh tipe kepribadian mahasiswa terhadap prestasi akadendk di Fakultas Agama Islarn Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dari hasil wawancara serta bcberapa data-data kualitatif yang berkaitan dcngan penelitian ini , maka diketahui bahwa dalam pencapaian prestasi belajar akademik faktor internal yang sangat berpengaruh adalah pengaruh intelegensi. motivasi, sikap, serta emosi. Individu yang memiliki kecerdasan intelegensi yang tinggi akan mempunyai kesempatan yang besar untuk mendapatkan prestasi akademik yang baik.} }