@thesis{thesis, author={SUPRAPTO }, title ={PENGARUH HUKUMAN DAN PENGHARGAAN TERHADAP MOTIVASI BELAAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KEC. UMBULHARJO YOGYAKARTA}, year={2004}, url={https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7546/}, abstract={Dari hasil uji analitik tersebut diketahui bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara hukuman dan penghargaan terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dimungkinkan karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar. Faktor faktor tersebut adalah faktor hereditas dan lingkungan. Faktor lingkungan meliputi lingkungan sekolah, keluarga dan teman sebaya. Karena fokus penelitian ini pada proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, maka sangat dimungkinkan ekstemal faktor sekolah seperti keluarga dan teman sebaya tidak dapat dilepaskan dalam pembentukan motivasi belajar siswa, sehingga dimungkinkan siswa telah memiliki motivasi instrinsik yang kuat atau motivasi: belajar elcstrinsik yang didapat bukan dari guru tapi dari orang tua atau teman sebaya.} }