@thesis{thesis, author={Saputro Ahmad Dwi Bay}, title ={Nilai-nilai Pendidikan Ekologi dalam Al-qur'an: Analisis Tafsir Maudhu'i karya tim Kementerian Agama RI}, year={2017}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10020/}, abstract={ABSTRAK Al-Qur'an telah menyatakan dirinya sebagai hudan yang dapat menuntun umat manusia menuju ke jalan yang benar. Selain itu, al-Qur'an juga berfungsi sebagai pemberi penjelasan terhadap segala sesuatu dan furq?n antara kebenaran dan kebatilan. Untuk mengungkap petunjuk dan penjelasan dari al-Qur'an, telah dilakukan berbagai upaya oleh sejumlah pakar dan ulama yang berkompeten untuk melakukan penafsiran terhadap al-Qur'an, sejak awalnya hingga sampai saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Nilai-nilai pendidikan yang diajarkan dalam al- Qur?an, menurut Tafsir Maudhu'i Karya Tim Kementerian Agama RI, (2) Implementasi nilai-nilai pendidikan ekologi dalam al-Qur?an, menurut Tafsir Maudhu'i Karya Tim Kementerian Agama RI dalam kehidupan sehari-hari, (3) Krisis ekologi atau kerusakan lingkungan yang diajarkan dalam al-Qur'an, menurut Tafsir Maudhu'i Karya Tim Kementrian Agama RI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan fenomenologi dan penelitian ini tergolong penelitian pustaka karena semua yang digali adalah bersumber dari pustaka. Sumber data penelitian meliputi sumber data primer yaitu buku tafsir tematik dari kementerian agama RI, sumber data sekunder kitab-kitab tafsir dan buku tentang ekologi, serta sumber data penunjang yang bersumber dari internet. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis maudhu'i, analisis deduksi dan analisis isi. Langkah-langkah analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai pendidikan yang yang diajarkan dalam tafsir tematik adalah nilai pendidikan religius yaitu pertama, mengetahui bukti kekuasaan Allah, kedua agar manusia mengambil pelajaran, dan ketiga supaya manusia bersyukur (2) Implementasi nilai pendidikan ekologi dalam kehidupan sehari-hari yaitu menjaga kebersihan lingkungan, yang meliputi kebersihan badan dan pakaian, tempat ibadah, rumah dan kamar mandi (3) Krisis ekologi atau kerusakan lingkungan yang disebabkan karena ulah manusia yang meliputi tsunami, tanah longsor, pemanasan global, gempa bumi dan banjir, serta konsep mengatasi krisis ekologi yaitu dengan cara bersahabat atau berbuat baik dengan alam semesta ABSTRACT Quran has declared itself as hudan which can guide human to the right path. Moreover, quran also has function to explain every single thing and furq?n between right ang wrong. Some experts and Islamic Scholars have discovered the clues and explanations from Quran, up until now. This research objectives are to know: (1) Educational values which are taught in Quran, according to the interpretation of Maudhu?i from Team of Religious Ministry of Republic of Indonesia in everyday life, (2) Implementation of educational values of ecology in Quran, according to the interpretation of Maudhu?i from team of Religious Ministry of Republic of Indonesia in everyday life, (3) The crysis of ecology or natural disaster taught in Qur?an according to the interpretation of Maudhu?i from team of Religious Ministry of Republic of Indonesia. This research uses qualitative approach with phenomenology design and categorized as librarian research because the all references are from documents and literatures. The data sources includes primary data that are thematic interpretation books from Religious Ministry of Republic of Indonesia and secondary data are interpretation books and ecological books, and also supporting data from internet. The data collection technique uses documentation method. The data analysis steps include data reduction, data presentation, and data conclution. The results show taught: (1) The Educational values taught in thematic interpretation are religious educational values that are: first, to know the evidences of Allah?s power, second, to make human to take the values, and third, to make human feel grateful (2) The implementation of ecology educational values in everyday life that are: keep the environment clean includes the body and clothes, mosques, houses and bathroom (3) The crysis of ecology or natural disaster caused by human includes tsunami, landslide, global warming, eartquake, and flood, and also the concept in overcoming the ecological crysis by doing good deeds to the nature} }