@thesis{thesis, author={Mu`Alimin Mu`Alimin}, title ={Peningkatan mutu pada Sekolah Islam berprestasi: Studi Multi Kasus di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo dan SD Khadijah Surabaya}, year={2013}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10100/}, abstract={ABSTRAK Perubahan informasi global yang terjadi dewasa ini memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan, khususnya pada sekolah Islam. Pengaruh yang bisa dirasakan adalah semakin tertinggalnya kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Education for All (EFA) Global Monitoring Report 2011 menunjukkan bahwa Indeks Pembangunan Pendidikan Indonesia berada pada urutan 69 dari 127. Artinya pendidikan di Indonesia belum menunjukkan peningkatan yang lebih baik. Peningkatan mutu pendidikan menjadi sangat penting bagi lembaga pendidikan, khususnya sekolah Islam. Menurut Beeby (1993) usaha peningkatan kualitas sekolah yaitu pertama, peningkatan kualitas sistem dan manajemen sekolah. Hal ini berhubungan dengan "the flow of students". Kedua, peningkatan kualitas berkenaan dengan proses belajar mengajar di ruang-ruang kelas. Untuk menerapkan peningkatan mutu sekolah setidaknya harus melakukan beberapa langkah yaitu melalui perencanaan peningkatan mutu, pelaksanaan peningkatan mutu, dan pemeriksaan peningakatan mutu. Fokus penelitian yaitu : (1) perencanaan peningkatan mutu, (2) upaya peningkatan mutu, (3) penilaian peningkatan mutu. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif dengan metode kualitatif-fenomenologis. Rancangan penelitian menggunakan multi-kasus yang dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo dan SD Khadijah Surabaya. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data, dan verifikasi data, melalui analisis lintas kasus. Pengujian prosedur data dengan triangulasi, member check, diskusi teman sejawat. Hasil penelitian pertama, perencanaan peningkatan mutu dengan didasarkan pada visi dan misi sekolah, dengan melakukan penguatan pada daya saing pendidikan ditingkat nasional, regional dan internasional yang dituangkan dalam rencana strategis. Kedua, upaya peningkatan mutu dilakukan melalui : (1) networking dan school sister dengan sekolah berkualitas, baik di tingkat nasional maupun internasional. (2) terwujudnya pengembangan kurikukum yang mensinergikan kurikulum nasional-internasional. (3) pengembangan sarana pendidikan dengan berbasis pada ICT, (4) pengembangan pembelajaran dengan strategi pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Ketiga, penilaian peningkatan mutu dilakukan secara internal dan eksternal dengan menggunakan hasil penilaian sebagai bahan untuk melakukan tindak lanjut dalam melakukan peningkatan mutu berikutnya. ABSTRACT Changes in the global information that happening today to give effect to the world of education, particularly in Islamic schools. Influence can be felt is the lagging quality of education in Indonesia. Education for All (EFA) Global Monitoring Report 2011 shows that the Education Development Index, Indonesia was ranked 69 of 127. Meaning of education in Indonesia has not shown a better improvement. Improving the quality of education is very important for educational institutions, especially Islamic schools. According to Beeby (1993) school improvement efforts: first, improving the quality and school management system. This relates to "the flow of students". Secondly, with regard to improving the quality of teaching and learning in classrooms. To implement school quality improvement should at least do a few steps, namely through a quality improvement plan, the implementation of quality improvement, and inspection of quality improvement. This research focuses : (1) plan of quality improvement, (2) effort of quality improvement, (3) evaluation of quality improvement. This study uses an interpretive paradigm and fenomenology-qualitative approaches. The design of the research studies conducted multi-cases in elementery school of Muhammadiyah 1 Sidoarjo and elementery school of Khadijah Surabaya. Data collection by using in-depth interviews, participant observation and documentation. Data analysis techniques using data reduction, display data, and verification of data, through cross-case analysis. Testing procedures of data by triangulation, member check, discussion colleague. The results are: first, the plan of quality improvement on the vision and mission of the school, by strengthening the competitiveness of education at the national, regional and international levels, implemented by strategic plan. Second, (1) networking and sister school to a school that has good quality at national and international levels. (2) the realization of the development national that blends with curriculum of international. (3) development of facilities-based education with ICT, (4) development strategies of learning with innovative and creative learning. Third, evaluation of quality improvement with internal and external. carri} }