@thesis{thesis, author={Marno Marno}, title ={Perilaku organisasi dan nilai-nilai spiritual Pada Lembaga Pendidikan Islam efektif di Malang: Studi Multi Kasus Perilaku Spiritual Para Aktor Pendidikan di MA Almaarif Singosari dan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, Malang}, year={2012}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10126/}, abstract={ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya beberapa sekolah Islam yang memiliki mutu dan prestasi yang bagus di tengah menurunnya sebagian besar sekolah-sekolah Islam. Keunggulan sekolah tersebut tidak lepas dari nilai- nilai, norma perilaku, keyakinan maupun budaya. Apalagi sekolah-sekolah yang diselenggarakan oleh yayasan atau organisasi yang bernuansa agama tentu saja tidak sekedar dipandang sebagai persoalan duniawi, namun juga amalan ukhrowi, maka telaahnya tentu tidak dapat dilepaskan dari nilai-nilai ajaran agama (Nilai Spiritual), yakni bagaimana nilai-nilai spiritual tersebut menjadi dasar dan acuan dalam perilaku organisasi dalam mewujudkan sekolah yang unggul dan efektif. Penelitian ini menfokuskan pada perilaku organisasi, yakni kepala sekolah, guru dan siswa dalam mengimplementasikan nilai-nilai spiritual pada sekolah Islam. Penelitian ini dilakukan di MA Almaarif Singosari dan SMK Muhammadiyah I Kepanjen, Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multikasus. Penelitian ini dimaksudkan untuk memahami perilaku manusia sebagai aktor yang memerankan peran-peran dalam lembaga pendidikan, sebab itu penelitian ini menggunakan teori fanomenologi dan dramaturgi. Tehnik penggalian data lebih melalui observasi partisipan, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi, sementara analisis dilakukan secara per kasus kemudian lintas kasus sampai didapatkan proposisi-proposisi dan temuan penelitian. Penelitian ini menemukan konsep tentang efektivitas organisasi pendidikan melalui perilaku the Spiritual worker yang diperankan oleh spiritual principal (kepala sekolah), spiritual teacher para guru, dan spiritual learner para siswa. Perilaku spiritual dilandasi oleh nilai-nilai spiritual sebagai core values dan core believe (nilai-nilai dasar dan keyakinan dasar) yang mendorongnya berperilaku dan mendedikasikan seluruh hidupnya demi tegaknya nilai-nilai itu. Perilaku spiritual didasarkan atas taqwa dengan semangat jihad dan termanifestasikan secara totalitas. Hati (heart), kepala (head) dan tangan (hand)nya digunakan untuk berkhidmat dan memberikan pelayanan dalam menyelenggarakan pendidikan secara efektif dalam rangka mencapai ridlo Allah. Perilaku spiritual kepala sekolah akan menciptakan organisasi efektif, perilaku spiritual guru akan menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan perilaku spiritual siswa akan menciptakan belajar yang efektif. Temuan penelitian ini menawarkan paradigm baru (new paradigm) tentang sekolah efektif yaitu spiritualitas sebagai paradigma dalam perilaku organisasi, temuan ini mengembangkan teori tentang sekolah efektif terdahulu yang belum banyak menempatkan nilai-nilai spiritualitas dalam melihat efektivitas sekolah seperti yang dikemukakan oleh Margaret preedy. Temuan penelitian ini juga mempertegas teori-teori sebelumnya tentang spiritualitas, yaitu Zohar dan Marshal tentang kecerdasan spiritual sebagai the ultimate intelligence; Ari Ginanjar tentang meta kecerdasan; dan Stephent Covey tentang paradigm pribadi utuh. Penelitian ini mempertegas pentingnya pengembangan spiritualitas untuk meningkatkan kualitas SDM dalam organisasi agar tercipta the spiritual workers dalam perilaku organisasi sehingga dapat menjalankan organisasi secara efektif ABSTRACT Background of this research is the existence of some outstanding quality schools amid the most schools quality declining. The outstanding quality of schools is achieve because of values, behavior norms, believes and cultures. Moreover, schools that are managed by private parties are based on the religious values. They are not only considered in a worldly point of view, but also in the ukhrawi point of view. As a result, analyze must not be separated from the religious values. It means that religious values as a fundament of organizational behavior to develop the excellent and effective schools. This research focuses on organizational behavior, the principal, teachers and students to implement spiritual values in effective Islamic schools. The research was conducted in MA (Madarasah Aliyah) Almaarif Singosari and SMK (Vocational High School) Muhammadiyah I Kepanjen, Malang. This study used a qualitative approach to the design multicases. This study aimed to understand human behavior as an actor who played roles in the educational institutions, therefore this research used theory fanomenologi and dramaturgy. More emphasis on data mining techniques through participant observation, interviews, and documentation, while the analysis is done on a per case and then across cases to obtain the propositions and research findings. The study found the concept of the effectiveness of educational organizations through the behavior of Spiritual worker played by spiritual principals, teacher of spiritual teachers and spiritual learner students. Spiritual behavior is based on spiritual values as the core values and } }