@thesis{thesis, author={Billah Zahida I’tisoma}, title ={Analisis pengaruh nilai spiritual Zakat terhadap kesejahteraan Muzakki melalui perilaku Ihsan: Studi pada Pengusaha di Kota Malang}, year={2016}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10136/}, abstract={ABSTRAK Pentingnya penelitian ini agar para pengusaha muslim menyadari pentingnya kewajiban dalam mengeluarkan zakat perniagaan. Dan setelah mereka mengeluarkan zakat diharapkan tingkah laku mereka lebih baik lagi dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam berbisnissehingga mereka mempunyai jiwa entrepreneur yang sociopreneurship.Maka dari itu pembentukan entrepreneur yang sociopreneurship melalui aktivitas berzakat dengan menggali nilai-nilai spiritual dalam mengeluarkan zakat yang diaplikasikan dalam kegiatan berbisnis. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengukuran menggunakan analisis jalur (path analysis). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara random yaitu pada pengusaha bidang kuliner, jasa, dan fashion di kota Malang melalui Kementerian Agama Kota Malang. Jumlah sampel sejumlah dengan jumlah pertanyaan yang terdapat pada angket dikalikan dengan 5 yaitu berjumlah 110 pengusaha.Dengan pendekatan tersebut maka muzakki (pengusaha) diberikan pernyataan mengenai motivasi spiritual dalam mengeluarkan zakat yaitu berupa nilai-nilai yang terdapat dalam zakat yaitu: 1) nilai tauhid, 2) nilai kemanusiaan, 3) nilai kepercayaan adanya kehidupan setelah kematian. Berdasarkan hal tersebut, maka ditemukan hasil di lapangan dan pengukuran menggunakan analisis jalur, bahwasanya nilai spiritual zakat dapat berpengaruh secara langsung terhadap kesejahteraan muzakki dengan koefisien determinasi sebesar 0.64 sedangkan pengaruh tidak langsung yaitu nilai spiritual zakat terhadap kesejahteraan muzakki melalui perilaku Ihsan dengan koefisien determinasi sebesar 0.38 dikarenakan orang yang mengeluarkan zakat tidak benar-benar memahami esensi nilai spiritual yang terkandung dalam zakat. Faktor kekayaan, keturunan, kebudayaan, pendidikan serta lingkungan yang membentuk sangat menentukan seseorang tersebut dalam mengeluarkan zakat. ABSTRACT The aim of this research in order to realize the importance of Muslim entrepreneurs in issuing zakat obligation commerce. And after they issued zakat is expected to conduct themselves better in everyday life, especially in business, so they have the entrepreneurial spirit that sociopreneurship. Thus the formation of an entrepreneur who sociopreneurship through the activity of the tithe to explore spiritual values in issuing zakat applied in business activities. The method of analysis in this study uses a quantitative approach to the measurement method using path analysis (path analysis). The population used in this study are randomly selected in the culinary field entrepreneur, services, and fashion in the city of Malang, through the Ministry of Religious Malang. Total sample number by the number of questions in the questionnaire multiplied by 5 that is numbered 110 entrepreneurs. With this approach, the muzakki (employers) are given a statement regarding the spiritual motivation in issuing a charity in the form of the values contained in charity, namely: 1) The value of Tawheed, 2) Human Values, 3) Value Trust Life After Death. Based on this, the results found in the field and measurement using path analysis, bahwasannya spiritual values of zakat can directly affect the welfare muzakki with keorfisien determination of 0.64, while the indirect influence that the spiritual value of zakat to the welfare muzakki through behavior Ihsan with korfisien determination of 0:38, because the person issuing zakat does not really understand the essence of spiritual values embodied in charity. Factors wealth, ancestry, culture, education and the environment that forms the very decisive person in the issuing zakat.} }