@thesis{thesis, author={Ma'arif M. Misbakhul}, title ={Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif Macromedia Flash 8 untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII MTsN Bangil}, year={2016}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10137/}, abstract={INDONESIA: Selama ini proses pembelajaran kita lihat masih menganut model pembelajaran konvensional, yaitu proses pembelajaran yang berpusat pada guru dan selama itu pula kemampuan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dan kemandirian dalam belajar tidak akan tampak yang akan cenderung membosankan. Maka dari itu dibutuhkan sebuah media yang dapat untuk merangsang agar siswa mampu aktif dalam pembelajaran sehingga tidak terpaku pada guru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pembelajaran menggunakan Media Macromedia Flash 8 terhadap efektifitas, efisiensi, kemenarikan produk dan dampak pengembangan media pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS Kelas VII Semester ganjil Bangil. Pengembangan dan Penelitian ini dilakukan dengan mnggunakan rancangan model pengembangan Research and Development (R&D). Adapun langkah-langkah pengembangan metode Research and Development (R&D) yaitu (1) Penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan format produk awal, (4) Uji Coba Awal, (5) Revisi Produk, (6) Uji Coba Lapangan, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) Desiminasi dan implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Setelah dilakukan validasi dan uji coba, persentasenya sebagai berikut: ahli media (78,57%), ahli materi (92,5%.), Guru IPS MTsN Bangil (93,75%.), dan uji coba lapangan Sangat baik. Sementara itu, untuk Hasil Pre-test dan Post-test menunjukan bahwa hasil nilai post test kelas eksperimen lebih bagus dari nilai post test kelas kontrol yang mana selisih antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mencapai 16,36. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran, meningkatkan hasil belajar, membantu siswa memahami materi, dan menarik perhatian siswa sehingga media ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. ENGLISH: Recently, our learning process uses conventional learning model focusing on teacher-based learning. Students? activeness and independence might not appear, it brings lesson boring instead. Therefore, it is necessarily required a particular media attracting students to be more active in learning. This research aims to know the learning process using Macromedia Flash 8 towards efectiveness, efficiency, interesting product, as well as the effect of the media to the students? assessment. In Social Subject grade of VII odd Semester, Bangil. Moreover, Research and Development (R & D) is used in this research. The steps of developing this method as follows; (1) data collection, (2) planning, (3) first format product development, (4) first trial (5) product revision, (6) field trial, (7) product revision, (8) trial use, (9) product revision, and (10) disemination and implementation. The results show that the developed learning media is suggested to use as the learning media. After validation and testing, the percentage is as follows: media experts (78.57%), a material (92.5%), Teacher of social studies of MTsN Bangil (93.75%) And excellent field trials. Meanwhile, the results of pre-test and post-test showed that the results of the post-test experimental group is better than the value of post-test control class. The difference between the experimental class and control class reaches 16.36. It can be concluded that the learning media can ease teachers to deliver the lesson, to improve student?s assessment, to make students understand, and to get more attention to the lesson so that this media is worth trying.} }