@thesis{thesis, author={Saifuddin Saifuddin}, title ={Motivasi kerja dalam pengembangan usaha perspektif Ekonomi Islam: Studi Pada Waralaba Kebab Turki Baba Rafi di Surabaya}, year={2017}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10146/}, abstract={ABSTRAK Waralaba Kebab Turki Baba Rafi adalah salah satu pionir makanan kebab di Indonesia, salah satu waralaba lokal yang telah mendunia, serta motivasi kerja yang mempunyai cita-cita menjadi waralaba terbesar di dunia. Kebab Turki Baba Rafi telah memberikan kontribusi yang besar dalam perekonomian di Indonesia, dengan menerapkan strategi pengembangan yang jitu. Motivasi kerja berperan penting dalam mengembangkan usaha di Kebab Turki Baba Rafi. Motivasi ini yang menjadikan keberhasilan Kebab Turki Baba Rafi hingga sukses menembus pasar Internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan serta menganalisis: (1) motivasi kerja apa saja yang diterapkan di Kebab Turki Baba Rafi (2) kontribusi yang diberikan, serta (3) strategi perkembangannya, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian survey. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles and Huberman yang dilakukan dengan tiga langkah, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara: (1) mengecek metodologi yang digunakan, (2) mengoreksi hasil laporan penelitian, (3) melakukan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menemukan beberapa faktor motivasi kerja yang diterapkan diantaranya: (1) prestasi yaitu memberikan bonus jika melampaui target penjualan, (2) tanggung jawab yaitu tegas dalam menegakkan peraturan dan menghukum bagi yang melakukan kesalahan, (3) pengembangan yaitu memberikan bimbingan pendalaman agama setiap sebulan sekali. (4) kebijakan administrasi yaitu memberikan arahan memakai tutur kata yang baik dan santun, (5) hubungan antar pribadi yaitu saling memberikan dukungan, (6) kondisi kerja yaitu memberikan kenyamanan dan fasilitas kerja yang lengkap. Kontribusi nya memberikan lapangan pekerjaan yang luas, menciptakan tenaga ahli yang professional. Sedangkan dalam strategi pengembangannya menerapkan bisnis ala Rasulullah yang meliputi Shiddiq, Amanah, Tabligh, dan Fatanah. ABSTRACT The Franchise Kebab Turki Baba Rafi is one of kebab food's pioneer in Indonesia, one of local franchise that has been worldwide, working motivation that has an ideals of being the biggest franchise in the world. Kebab Turki Baba Rafi has given big contribution in economic side in Indonesia by applying exact development strategy. Working motivation has an important role to work develop in Kebab Turki Baba Rafi.This motivation that makes the success of Kebab Turki Baba Rafi to successfully penetrate the international market. This research aims to reveal and analyze: (1) what kind of working motivation is applied in Kebab Turki Baba Rafi (2) contribution given, and (3) the development strategy applied, The approach used in this research is descriptive qualitative research with method Survey research method. Data collection was done by interview, observation and documentation. Data analysis technique uses Miles and Huberman theory which is done with three steps, such as: data reduction, data presentation, and conclusion. The checking of data validity is done by: (1) checking the methodology used, (2) correcting the results of research reports, (3) doing triangulation of sources and methods. The results of the study has found some work motivations applied were: (1) achievement is giving bonus if they exceed sales target, (2) responsibility is firm in enforcing the rules and punishing those who make mistakes, (3) development is providing guidance deepening of religion once a month. (4) wisdom administration is giving direction use speech in a good and polite word, (5) relationship is giving support each other, (6) work condition is providing comfort and complete work facilities. His contributions provide extensive jobs, creating professional experts. While in its development strategy to apply business ala Rasulullah which includess Shiddiq, Amanah, Tabligh, and Fatanah} }