@thesis{thesis, author={Hasan Mochamad Ridwan}, title ={Implementasi sistem Informasi Manajemen Berbasis ICT dalam meningkatkan efektifitas kegiatan belajar mengajar dan administrasi di Sekolah Islam: Studi Kasus di SMP Plus Al Kautsar Malang}, year={2014}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10163/}, abstract={ABSTRAK Sekolah Islam merupakan bagian dari lembaga pendidikan Islam (LPI) di Indonesia. Namun sebagai lembaga pendidikan Islam yang 100% berstatus swasta yang dikelola oleh Kemendikbud, selama ini masih dipandang rendah kualitasnya oleh sebagian masyarakat. Rendahnya keahlian dan profesionalitas guru, sarana prasarana dan alat pembelajaran yang terbatas berdampak negatif pada proses pembelajaran. Sejalan dengan perkembangan global, sekolah Islam menghadapi tantangan di bidang manajerial yang cukup mendasar. Harapan dari berbagai pihak agar pendidikan dikelola dengan pola manajemen pendidikan modern merupakan salah satu perkembangan yang muncul dalam era kompetitif saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana implementasi sistem informasi manajemen (SIM) berbasis ICT di SMP Plus Al-Kautsar Malang kaitannya dalam meningkatkan efektifitas kegiatan belajar mengajar dan kegiatan administrasi. Adapun pemilihan lokasi penelitian ini di SMP Plus Al-Kautsar Malang, dimana sekolah ini sudah menerapkan ICT untuk menunjang efektifitas kegiatan akademik maupun administrasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil lokasi di SMP Plus Al-Kautsar Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Implementasi SIM berbasis ICT di SMP Plus Al-Kautsar dalam kegiatan akademik dapat dilihat dalam empat bidang, yaitu: a) Bidang kurikulum, b) Bidang strategi pembelajaran, c) Materi pembelajaran, d) Penilaian. (2) Implementasi SIM berbasis ICT dalam kegiatan administrasi di SMP Plus Al-Kautsar setidaknya dapat dibagi dalam beberapa bidang: a) Tata Kelola Sekolah, b) Manajemen Keuangan, c) Manajemen Sarana Prasarana, d) Data Pokok Pendidikan (DAPODIK), f) Perpustakaan, g) Manajemen Teknologi, h) Manajemen Keamanan. (3) Adapun dampak implementasi SIM berbasis ICT dalam meningkatkan efektifitas kegiatan belajar mengajar dan administrasi meliputi: a) Strategi keunggulan kompetitif; b) Pembelajaran lebih efektif dan efisien; c) Mempermudah dalam pengelolaan data-data manajemen administrasi sekolah; d) Produktifitas kinerja meningkat karena sistem yang digunakan berbasis digital ABSTRACT Islamic schools are part of Islamic educational institutions (LPI) in Indonesia. But as an Islamic educational institution that is 100% managed as private status by Kemendikbud (Ministry of education and culture), as long as the quality is still looked down upon by most of society. Lack of expertise and professionalism of teachers, infrastructure and learning tools limited negative impact on the learning process. In line with global developments, Islamic schools face the challenges in the field of managerial pretty basic. The expectations of the various parties in order to run the education pattern of modern education management is one of the emerging developments in today's competitive era. This study aimed to describe the extent to which the implementation of ICT- based management information system (MIS) in SMP Plus Al-Kautsar Malang relation in improving the effectiveness of teaching and learning activities and administrative activities. The site selection study at SMP Plus Al-Kautsar Malang, where the school is already implementing the effectiveness of ICT to support the academic and administrative activities. This study used a qualitative approach by taking background in SMP Plus Al-Kautsar Malang. Data was collected through interviews, observation, and documentation. Data analysis using descriptive analysis. The results of this study are: (1) Implementation of ICT-based MIS in SMP Plus Al-Kautsar in academic activities can be seen in four areas, namely: a) Field of the curriculum, b) Field of learning strategies, c) learning materials, d) Assessment. (2) Implementation of ICT-based MIS in administrative activities at SMP Plus Al-Kautsar at least can be divided into several areas: a) School Governance, b) Financial Management, c) Infrastructure Management, d) Data Basic Education (DAPODIK), f) Library, g) Management of Technology, h) Security Management. (3) The impact of implementation of ICT-based MIS include: a) Strategy competitive advantage; b) Learning is more effective and efficient; c) Facilitate the management of the data management of school administration; d) Productivity increased performance due to digital-based systems used} }