@thesis{thesis, author={Wati Yulia Ainurrohmah}, title ={Strategi manajemen hubungan masyarakat dalam membangun Perguruan Tinggi Agama Islam yang unggul: Studi Kasus di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang}, year={2014}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10164/}, abstract={ABSTRAK Manajemen humas merupakan salah satu penyangga dalam membangun perguruan tinggi yang unggul, diawali dengan program yang matang, strategi dan dimanage dengan baik, ketiga hal ini menjadi komitmen divisi kehumasan untuk tetap meningkatkan serta menjaga kualitas, keunggulan dan eksistensi kelembagaan melalui publikasi kepada pihak internal maupun eksternal. Tujuan penelitian ini untuk memahami; (1) Perencanaan manajemen humas dalam membangun Perguruan Tinggi Agama Islam yang Unggul di UIN Maliki Malang, (2) Pelaksanaan manajemen humas dalam membangun Perguruan Tinggi agama islam yang unggul di UIN Maliki Malang, (3) Evaluasi manajemen humas dalam membangun perguruan tinggi agama islam yang unggul di UIN Maliki Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitis, lokasi penelitian di UIN Maliki Malang, Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi:(1) Rektor, (2) Pembantu Rektor, (3) Kasubag humas, (4) Staff humas, (5) Dosen, (6) Karyawan dan (7) Mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan cara dua tahap, yaitu (1) Reduksi data, (2) penyajian data, (3) kesimpulan/verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan metode. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan humas dalam membangun pergurian tinggi agama islam yang unggul, penelitian dilakukan dengan melalui beberapa langkah dalam membuat perencanaan, mulai dari menganalisis atau mengawali perencanaan dengan analisis lingkungan, menyusun jatidiri universitas, menyiapkan SDM unggul, menyusun jadwal pelaksanaan, menentukan target dan sasaran dan budgeting. (2) pelaksanaan humas dalam membangun Pergurian Tinggi Agama Islam yang Unggul, diawali denganpelaksanaan kegiatan sesuai jadwal dan melakukanya dengan 3 strategi yaitu sosialisasi, komunikasi dan publikasi. (3) Evaluasi humas dalam membangun pergurian tinggi agama islam yang unggul, diawali dengan melakukan persiapan evaluasi kemudian pelaksanaan evaluasi meliputi aspek waktu, dengan tahapan evaluasi lisan dan tulisan. ABSTRACT Management of public relations is one of the buffers in building superior colleges, beginning with a mature program, strategy and managed well, these three public relations division committed to keep improving and maintaining the quality, excellence and institutional existence through publications to internal and external parties. The purpose of this study was to understand: (1) Planning public relations management in establishing Islamic religious university that excels at UIN Maliki, (2) implementation of public relations management in establishing Islamic religious university that excels at UIN Maliki, (3) evaluation of public relations management in establishing Islamic religious colleges superior in UIN Maliki. This study used qualitative research methods with descriptive analytical method, the location of UIN Maliki study, data was collected through observation, interviews, and documentation. Informants in this study include: (1) The Rector, (2) the Vice Chancellor, (3) Head of PR, (4) public relations staff, (5) Lecturer, (6) Employees and (7) Students. Data analysis was performed by means of two phases, namely (1) data reduction, (2) data, (3) the conclusion / verification data. While checking the validity of the data is done by triangulation of sources and methods. The findings show that: (1) the planning of public relations in college building a superior Islamic religion, research conducted through several steps in planning, ranging from analyzing or start planning with the environmental analysis, the identity of the university prepare, prepare superior human resources, implementation schedule , set targets and goals and budgeting. (2) the implementation of public relations in college building a superior religion of Islam, beginning with the implementation of activities on schedule and do it with three strategies, namely socialization, communication and publications. (3) Evaluation of public relations in college building a superior religion of Islam, beginning with the preparation of evaluation then evaluation covers the aspect of time, with oral and written evaluation stages} }