@thesis{thesis, author={Rahman Arif}, title ={Pemanfaatan situs sejarah sebagai sumber belajar di MA Alma’arif Singosari Kabupaten Malang}, year={2017}, url={http://etheses.uin-malang.ac.id/10183/}, abstract={INDONESIA: Pemanfaatan situs sejarah sebagai sumber belajar dimaksutkan agar pembelajaran juga dapat memanfaatkan aspek dari lingkungan sebagai pendukung dari keberhasilan pendidikan di sekolah. Artinya semua yang ada di lingkungan bisa dijadikan sebgai sumber belajar yang dapat dimanfaatakan oleh siswa tidak terkecuali pada situs sejarah. Hal ini juga dapat meningkatkan potensi siswa dalam mengembangkan dirinya dalam suatu pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran sejarah di MA Almaarif Singosari Kabupaten Malang, (2) Mendeskripsikan pemanfaatan situs sejarah sebagai sumber belajar di MA Almaarif Singosari Kabupaten Malang. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif. Instrumen kunci adalah informan (kepala sekolah dan guru MA Almaarif), dan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Proses pembelajaran Sejarah di MA Almaarif Singosari dapat berjalan dengan efektif, karena keadaan siswanya mendukung baik dari segi intelektual, mental, minat dan kemampuan belajar yang mereka miliki. Hal itu dapat memudahkan untuk menerapkan metode atau cara mengajar dengan efektif dan efisien. (2) pemanfaatan situs sejarah sebagai sumber belajar sejarah di MA Almaarif Singosari sangat terlihat, hal ini bisa dilihat dari perubahan pada siswa ketika pembelajaran sejarah siswa lebih aktif, memilki semangat belajar sejarah yang tinggi, tidak bosan atau jenuh dengan pelajaran sejarah yang hanya berupa teori saja, memiliki wawasan yang luas, dapat menambah sikap sosial terhadap masyarakat sekitar situs sejarah. ENGLISH: Utilizing the historical site as the learning resource is intended to utilize the aspects of the environment as a supporter of the success of education in the school. This means that everything in the environment can be used as a source of learning that can be utilized by students, including the historical site. It can also increase students' potential in developing themselves in a history lesson. The purpose of the research aimed at: (1) describing the learning process of history at MA Almaarif Singosari of Malang, (2) describing the use of historical site as a source of learning at MA Almaarif Singosari of Malang. To achieve the objectives above, it was used a qualitative approach. Key instruments were informants (principals and teachers of MA Almaarif), and data collection techniques used observation, interviews and documentation. Data were analyzed by reducing irrelevant data, exposing data and drawing conclusions. The research results showed that: (1) the learning process of history at MA Almaarif Singosari run effectively, because of supporting both of intellectual, mental, interest and learning ability. It could make it easy to apply methods or ways of teaching effectively and efficiently. (2) the use of historical site as a source of historical learning at MA Almaarif Singosari was very visible, this can be seen from the active changes of the students, it had the high spirit of history learning, it had no bored or saturated with history lesson that was only in the theory, broad insight, it can add social attitudes against the community around the historical site.} }